Waktu Sholat Tahajjud dan Keajaiban Sholat Tahajjud

161 views
Waktu Sholat Tahajjud
Pixabay.com

Sholat Tahajjud Sholat tahajjud merupakan salah salah sholat sunnah yang banyak mengandung keutamaannya. Selain itu sholat tahajjud ini juga termasuk sholat yang sangat istimewa. Sebab perintahnya langsung disebutkan ke dalam Al-Qur’an disertai dengan keutamaannya.  Maka sholat sunnah apa yang dapat menandinginya??

Disni nanti saya akan membahas beberapa hal mengenai sholat tahajjud. Yaitu mengenai keutamaan dari sholat tahajjud tersebut, bagaimana tatacara melakukan sholat tahajjud, serta niat dan doa yang harus di baca dalam menjalankan sholat tahajjud. Untuk  itu perhatikan beberapa hal mengenai sholat tahajjud dibawah ini.

Hukum Melakukan Sholat Tahajjud

Sholat sunnah tahajjud merupakan sholat sunnah yang paling istimewa dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya. Hal ini dikatakan pada firman Allah yaitu :

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinnya : “Dan pada sebagian malam hari bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”. (QS. Al Israa’;79)

Awalnya sholat tahajjud ini wajib bagi setiap muslim, namun sejak turunnya perintah sholat 5 waktu, sholat tahajjud ini menjadi sunnah muakkadah yaitu sholat sunnah yang sangat dianjurkan bagi kaum muslimin. Sedangkan bagi Rasulullah sholat ini wajib, dan beliau tidak pernah meninggalkannya.

Keutamaan Sholat Tahajjud

Dengan kita melakukan sholat tahajjud maka kita akan banyak mendapatkn keutamaan dalam melakukan sholat tahajjud. Salah satu keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan sholat tahajjud adalah :

1. Mendapatkan kedudukan yang terpuji

Seperti firman Allah dalam surah Al Israa’ ayat ke 79 yang berbunyi seperti diatas, yaitu siapa saja yang ahli sholat tahajjud Allah akan mengangkat ia ketempat kedudukan yang tinggi/terpuji.

2. Kunci masuk surga

Sebagaimana seperti sabda Rasulullah SAW yaitu :

“Sebarkanla salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahmi, dan sholatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR. Tirmidzi)

3. Sholat sunnah paling utama

Sholat tahajjud atau yang bisa kita sebut dengan sholat qiyamul lail atau sholat lail adalah merupakan salah satu sholat sunnah yang paling utama dari sholat sunnah yang lainnya. Sebagimana sabda Rasulullah : “Sholat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam”. (HR. Nasa’i).

4. Kemuliaan dan kewibawaan

Selain kita akan mendapatkan kedudukan yang mulia kelak di akhirat, orang-orang yang ahli sholat tahajuud akan mendapatkan kedududukan yang mulia juga di dunia. Bahkan Allah juga akan memberikan kemuliaan dan kewibawaan seperti dalam firmannya yaitu :

“Dan ketahuila bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu terdapat pada sholat malamnya”. (HR hakim:hasan)

5. Doanya dikabulkan

Jika doa kita ingin dikabulkan oleh Alla SWT maka lakukanlah Sholat malam. Karena seseorang yang melakukan sholat tahajjud maka insya Allah doanya akan terkabul. Apalagi jika ia melakukannya pada sepertiga malam terakhir.

6. Merupakan kebiasaan orang shalih

Sholat tahajjud merupakan sholat orang-orang shalih jaman dahulu. Maka jika Anda melakukan sholat malam tersebut Anda juga akan termasuk golongan orang-arang shalih seperti mereka. Seperti dalam sebuah hadits menjelaskan :

“Biasakanlah dirimu untuk melakukan sholat malam, karena itu merupakan tradisi-tradisi orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa-dosa”. (HR Ahmad)

7. Penghapus dan pencegah dosa

Setiap manusia pasti memiliki yang namanya dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil. Jika untuk dosa kecil maka dengan melakukan sholat sehari-hari saja maka akan berguguran. Namun yang lebih istimewa lagi adalah sholat tahajjud dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan dosa.

Orang yang senantiasa melazimkan sholat tahajjud maka ia akan mendapatkan taufiq dari Allah SWT sehingga ia akan dijauhkan dari perbuatan maksiat dan dosa.

8. Menolak penyakit

Keutamaan sholat tahajjud yang lain adalah dapat menolak penyakit. Dengan izin Allah, orang-orang yang mengamalkan sholat sunnah ini maka ia akan dijaga kesehatannya serta akan dijauhkan dari berbagai penyakit. Dan keutamaan ini sudah terbukti di medis.

Sholat tahajjud ini dilakukan setelah Anda tidur. Waktu untuk melakukan sholat tahajjud ini terbentang dari mulai isya’ hingga sebelum subuh, setelah tidur. Dan waktu yang paling utama untuk melakukan sholat tahajjud adalah sepertiga malam terakhir.

Tata Cara Melakukan Sholat Tahajjud

Waktu Sholat Tahajjud dan Keajaiban Sholat Tahajjud
Pixabay.com

Untuk melakukan sholat tahajjud sebenarnya hampir sama dengan melakukan sholat sunnah lainnya. Yaitu yang pertama kita harus suci terlebih dahulu dari hadas kecil maupun hadas besar. Serta terhindar dari najis dan menutup aurat serta jangan lupa untuk menghadap kiblat.

Sholat tahajjud ini dilakukan sebanyak 11 raakat dan setiap dua rakaat salam dua rakaat salam. Sebenarnya untuk jumlah rakaatnya, banyak para ulama yang berbeda pendapat mengenai hal ini. Ada yang berpendapat 11 rakaat, ada yang 13 atau lebih. Secara rinci melakukan sholat tahajjud sangatla sederhana yaitu :

  1. Niat
  2. Melakukan takbiratul ihram diikuti dengan bacaan iftitah
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca surah-surah yang ada di Al-Qur’an. Namun biasanya Rasulullah membaca surah yang panjang-panjang.
  5. I’tidal dengan tuma’ninah
  6. Sujud dengan tuma’ninah
  7. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat yang kedua
  8. Kembali membaca surah Al-Fatihah
  9. Membaca surah Al-Qur’an
  10. Ruku’ dengan tuma’ninah
  11. I’tidal dengan tuma’ninah
  12. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  13. Takhiyatul akhir dengan tuma’nina
  14. Salam

Itu beberapa cara untuk melakukan sholat tahajjud. Sebelum kita melakukannya seperti yang sudah diterangkan bahwa pertama kali kita melakukan sholat harus membaca niatnya terlebih dahulu. Bacaan niat untuk sholat tahajuud yaitu : “Ushalli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi Ta’ala”.

Artinya : “Aku niat sholat tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Setelah kita sudah membaca niat sholat tahajjud tersebut, maka kita bisa melaksanakan sholat tahajjud seperti yang sudah dibahas diatas. Namun untuk melakukan sholat tahajjud sebaiknya pada waktu sepertiga malam. Karena waktu itu adalah waktu terkabulnya doa.

Manfaat Melakukan Sholat Tahajjud

Jika sebelumnya kita membahas tentang keutamaan dalam melaksanakan sholat tahajjud. Makah hal lain yang akan kita dapatkan juga dengan melakukan sholat tahajud adalah dengan mendapatkan manfaatnya. Manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan menjalankan sholat tahajjud, yaitu:

1. Mendapat pahala

Setiap amal perbuatan pasti akan mendapatkan pahala, begitu juga dengan menjalankan sholat tahajjud kita juga akan mendapatkan pahala. Bahkan kita bisa mendapatkan pahala besar. Dan pahala yang kita dapatkan tersebut bisa kita gunakan sebagai bekal kita di akhirat kelak.

2. Terhapusnya dosa

Salah satu manfaat lain jika melakukan sholat tahajuud adalah  terhapusnya dosa kita. Bahkan tidak hanya dosa saja kita yang terhapus melainkan dengan sholat tahajjud maka dapat mencega kita untuk melakukan perbuatan dosa seperti maksiat dan lain sebagainya.

3. Hati terasa tenang

Coba jika Anda melakukan sholat malam, apalagi diwaktu sepertiga malam. Maka Anda akan merasa tenang. Sebab memang pada waktu pagi hari suasana serta kedaaan akan jauh lebih tenang, dengan ketenangan ini pula akan berpengaruh pada hati dan pikiran kita. Maka tidak heran banyak anak-anak yang sering belajar waktu subuh.

Gallery for Waktu Sholat Tahajjud dan Keajaiban Sholat Tahajjud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *