Tulisan Arab Muhammad Terindah

389 views
Tulisan Arab Muhammad Terindah
Pixabay.com

Tulisan Arab Muhammad – Nabi Muhammd merupakan salah satu Nabi dari 25 nabi yang wajib kita ketahui. Dan beliau merupakan nabi yang terakhir setelah Nabi Isa. Banyak dari Ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad tersebut dan kita sebagai pengikutnya wajib mengikuti ajaran yang beliau berikan.

Banyak kisah-kisah dari Nabi Muhammad tersebut yang bisa kita ambil sebagai pembelajaran untuk diri kita agar dapat bisa lebih baik seperti beliau. Banyak sebagian dari kita yaitu umat Muslim yang menaati Nabi Muhammad dan mengikuti semua ajaran yang diberikannya. Namun juga kebanyakan dari kita menghiraukan ajaran yang beliau berikan.

Sebagai umat yang baik seharusnya kita menjalani semua perintah dan ajaran yang Nabi Muhammad berikan kepada kita. Sebab jika kita dapat mengikuti jejak beliau, maka hidup kita akan tenang, nyaman dan aman. Oleh sebab itu banyak dari orang-orang yang menggambarkan Nabi Muhammad ini dalam sebuah tulisan.

Tentu tulisan ini adalah tulisan yang berbahasa arab dengan nama Muhammad sendiri. Jika kita melihat di sebuah museum seni ataupun pada tempat-tempat lain yang menjual beberapa kaligrafi, maka kita pasti juga akan menemukan beberapa tulisan arab muhammad pada museum atau kaligrafi tersebut.

Tak hanya itu saja, Anda pun bisa melihat di website-website tentang tulisan-tulisan menarik. Bisa saja Anda mengunjungi Jurnalistik Online yang bisa Anda jadikan acuan bagaimana cara menulis baik Indonesia, Arab maupun Inggris.

Tapi  tahu gak sih kalian, apakah tulisan arab dari nama nabi kita yaitu Muhammad tersebut benar?? Banyak sering kita menemukan bahwa begitu banyak tulisan bertulis Muhammad dalam bahasa arab, namun kita hanya melihat begitu saja tanpa memerhatikan tulisan tersebut benar atau salah.

Mungkin karena kita menganggap bahwa tulisan tersebut sudah benar, atau bahkan kita tidak mau peduli dengan tulisan tersebut salah atau tidak sebab kita tidak tahu bahasa arab serta tulisan arab yang benar. Mungkin yang paham dalam bahasa arab pasti ia akan peduli dan mencoba untuk membenarkan tulisan tersebut.

Tatacara Penulisan Arab yang Benar

Namun sebenarnya tulisan yang seperti apa yang benar untuk menuliskan nama Muhammad dalam bahasa arab?? Sebelum saya menjelaskan maka Anda terlebih dahulu tahu mengenai tatacara penulisan arab yang benar. Hal ini agar Anda tidak salah dalam menuliskan sesuatu. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu :

1. Panjang pendeknya

Dalam menuliskan kata Muhammad hal yang pertama yang harus kita perhatikan adalah panjang pendek tulisan tersebut. Karena terkadang kita sering tidak memerhatikan soal panjang pendek dalam bahasa arab. Karena sering terdapat pengucapan bahasa arab yang sama namun penulisannya berbeda. Maka hal ini harus diperhatikan dengan baik.

2. Pemberian harakat yang benar

Jika kita ingin menuliskan sesuatu dalam bahasa arab, maka kita juga harus perhatikan harakatnya. Sebab jika harakat yang kita berikan salah meski penulisannya benar maka akan berpengruh pada sebuah arti. Jadi harus berhati-hati dalam memberikan harakat.

Begitupun pada saat menuliskan kata Muhammad, kita harus perhatikan harakatnya yang benar pada penulisannya tersebut. Agar tidak mengandung arti yang lain, atau makna yang lain.

3. Perhatikan ilmu tajwidnya

Ilmu tajwid itu sangat penting dalam membaca Al-Qur’an. Jika kita paham mengenai ilmu tajwid maka kita pasti bisa lancar membaca Al-Qur’an. Jika kita mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, maka tentu dalam penulisan arab pun pasti kita juga dapat melakuknnya dengan benar.

Penulisan Arab Muhammad yang Benar

Penjelasan diatas merupakan beberapa hal mengenai tatacara penulisan arab yang baik dan benar. Semoga dengan penjelasan diatas kita jauh lebih tahu dalam menuliskan sesuatu ke dalam bahasa arab.

Lalu untuk penulisan bahasa arab dengan tulisan Muhammad yang benar seperti apa?? Untuk penulisan Muhammad sendiri yang benar dalam bahasa arab yaitu  مُحَمَّدٌ. Jika kita perhatikan tulisan tersebut tidak terdapat bacaan yang panjang, namun lebih ke pendek semua. Selain itu harakatnya juga benar sebab bermakna jelas Muhammad.

Jadi jika anda menemukan tulisan Muhammad dalam bahasa Arab dengan tulisan tidak seperti diatas, maka berarti itu bermakna lain atau beda. Serta Anda juga wajib untuk memberitahu kepada siapa saja yang menulis kata tersebut, untuk membenarkannya. Sebab agar tidak berlanjut terus menerus seperti itu.

Penulisan Muhammad yang Benar Dalam Bahasa Indonesia

Gambar tulisan Nabi Muhammad
Pixabay.com

Sering kita menemukan kata Muhammad dalam bahasa Indonesia. Ada yang menuliskan dengan kata Mohammad, Muuhamad, Muhammad dll. Lalu dari beberapa tulisan tersebut manakah penulisan Muhammad yang benar sebenarnya??

Jika kita melihat dalam bahasa arab, maka sebenarnya kita bisa melihatnya juga dalam bahasa Indonesia. Namun jika dalam bahasa arab kita harus memerhatikan tasjidnya sedangkan untuk bahasa Indonesia kita harus perhatikan EYD nya tersebut.

Sebenrnya tasjid ataupun EYD itu sama saja, karena jika di bahasa Arab tidak terdapat tasjid atau tasjidnya salah maka akan bermakna berbeda. Begitupun dengan bahasa Indoensia jika tidak terdapat EYD atau EYD yang salah maka akan berpengaruh kepada makna atau penulisannya tersebut.

Lalu bagaimana penulisan kata Muhammad yang benar?? Untuk menuliskan kata dalam bahasa Indonesia Muhammad sebenarnya yang benar adalah “Muhammad”. Karena jika kita melihat ke dalam bahasa arabnya, bahwa dalam tulisan tersebut terdapat tasjid pada mimnya sehingga dibaca dengan dengung serta dalam penulisan bahasa Indonesia “M” nya dibuat ganda.

Itu beberapa hal mengenai penulisan Muhammad dalam bahasa Indonesia. Jika sekarang Anda sudah tahu penulisan Muhammad yang benar dalam bahasa Indonesia maka untuk itu jika pada awalnya Anda menuliskan Muhammad dalam bahasa Indonesia salah, maka sebaiknya sekarang diperbaiki dengan melihat penjelasan diatas.

Kata Muhammad yang Sering Dibuat Nama

Kata Muhammad juga banyak sekali digunakan sebagai sebuah nama untuk anak-anak kita. Hal ini dikarenakan orang tua berharap agar anaknya dapat meneladani sifat dari NabiMuhammad sendiri. Banyak yang memberikan nama tersebut kepada anak-anak mereka pada saat lahir.

Ada yang memberikan nama Muhammad pada kalimat awal seperti Muhmmad Ahsan, namun ada juga yang memberikan kata Muhammad pada tengah nama seperti Abdul Muhammad Rozak, bahkan ada pula yang memberikan nama Muhammad di belakang nama seperti Choirul Muhammad.

Dari ketiga nama tersebut manakah sebenarnya yang paling benar menaruhkan kata Muhammad pada sebuah nama?? Untuk memberikan sebuah nama, maka kita tidak boleh memberikan nama sembarangan begitu saja. Sebab nama adalah sebuah doa dan harapan bagi orang tua. Maka tentu kita harus memberikan nama terbaik untuk anak kita.

Salah satu nama terbaik untuk anak kita adalah dengan adanya nama Muhammad. Sebab orang tua berharap agar anaknya kelak dapat meneladani dan bersifat seperti Nabi Muhammad. Oleh sebab itu banyak sekali orag tua yang memberikan nama anaknya dengan kata Muhammad. Baik itu di awal nama maupun ditengah atau belakang nama.

Untuk pemberian nama Muhammad itu sangatlah baik, karena itu merupakan salah satu nama yang dicintai Allah. Namun kita juga harus dapat menaruh kata Muhammad tersebut dengan benar pada sebuah nama, yaitu pada awal nama.

Memang boleh-boleh saja kita menaruh nama Muhammad pada tengah-tengah dan juga belakang nama. Namun alangkah baiknya kita memberikan nama anak kita yaitu Muhammad pada awal nama.

Gallery for Tulisan Arab Muhammad Terindah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.