Inilah Peninggalan Rambut Nabi Muhammad yang Masih Disimpan Hingga Kini

247 views

 

Inilah Peninggalan Rambut Nabi Muhammad yang Masih Disimpan Hingga Kini
http://gloobest.blogspot.co.id

Rambut Nabi Muhammad Nabi Muhammad merupakan sosok teladan yang tak pernah memikirkan umatnya. Tatkala Allah SWT mengabarkan tentang beberapa hal yang akan terjadi pada Hari Kiamat. Namun justru Nabi Muhammad malah memikirkan umatnya. Kesedihan dan belas kasihan yang beliau rasakan, meskipun umatnya yang berbuat maksiat.

Para nabi dan utusan Allah memang tidaklah sama antara satu dengan yang lain. Baik itu dari segi akhlaknya maupun perangainya. Hal ini dikutip dari sebuah Ensiklopedia Al-Qur’an. Bahwa memang nabi dan semua utusan Allah memiliki sifat yang berbeda.

Ketika Rambut Nabi Muhammad Beruban

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa Nabi Muhammad sangat begitu memerhatikan umatnya. Meskipun umatnya banyak melakukan hal-hal berdosa seperti misalnya berbuat maksiat.

Nabi Muhammad sangat bersedih dikarenakan banyak kaum musyrikin yang tetap tidak ingin beriman kepadanya. Di dalam Al-Qur’an banyak yang memperlihatkan tentang hati dan belas kasihan yang Nabi Muhammad miliki.

Dalam sebuah cerita dikisahkan bahwa pada waktu itu Abu Bakar ra melihat rambut Nabi Muhammad SAW memutih. Karena heran melihat hal itu maka Abu Bakar ra bertanya kepada Nabi Muhammad : “Wahai Rasulullah, kuperhatikan rambut Anda telah beruban?”.

Kemudian Nabi Muhammad menjawabnya dengan raut wajah yang berpikir keras : “Benar! Surah Hud dan sejenisnya (ayat tentang hari kiamat) membuatku beruban”. Maka tatkala beliau sedang bersedih dan gelisah memikirkan umatnya, lalu Allah menegurnya :

Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati sesudah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Alquran).” (QS.al Kahfi ayat 6

Karena begitu peduli dengan umatnya, dan karena Nabi Muhammad adalah sosok yang  sangat memerhatikan umatnya. Meskipun banyak umatnya yang tidak taat dengannya namun Nabi Muhammad tetap peduli dengan nasib umatnya. Karena begitu keras memikirkan nasib umatnya pada Hari kiamat kelak, maka hal itu membuat rambut beliau beruban.

Model Rambut Nabi Muhammad

Tahukah Anda bagaimana model rambut Nabi Muhammad?? Ada yang mengatakan bahwa model rambut Nabi Muhammad yaitu memanjang sampai bahu, namun pernyataan ini sebanarnya benar atau tidak??. Coba mari kita lihat penjelasan dibawah ini.

Jika ada yang mengatakan bahwa model rambut Nabi Muhammad tersebut memanjang sampai bahu, itu memang benar. Hal ini banyak disebutkan dalam sebuah hadits, yaitu salah satunya :

عَنِ الْبَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ يَقُوْلُ مَا رَأَيْتُ مِنْ ذِيْ لِمَّةٍ أَحْسَنَ مِنْهُ وَفِيْ رِوَايَةٍ كَانَ يَضْرِبُ شَعْرَهُ مَنْكِبَيْهِ

Dari Bara bin Zaid berkata : “Aku tidak pernah melihat rambut melampaui ujung telinga seorang pun yang lebih bagus dari (rambut) Rasulullah.” Dalam suatu riwayat lain, “Rambut Rasulullah sampai mengenai kedua bahunya.” (Hr. Muslim: 2337)

Alasan Nabi Muhammad memanjangkan rambutnya yaitu karena pada saat itu adat dan  kebiasaan manusia pada masa itu memang seperti itu. Beliau tidak menyelisihi kaumnya, sebab jika Nabi Muhammad SAW menyelisihi mereka dalam suatu perkara, maka berarti perkara itu merupakan suatu perkara yang disyariatkan atau disunnahkan.

Untuk itu jika kita melihat seorang laki-laki yang berambut panjang, maka itu tidaklah masalah sebab itu justru disunnahkan oleh Nabi Muhammad. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa jika laki-laki mau memanjangkan rambutnya, maka ia berarti sama dengan melakukan ibadah. Sebagaimana dengan firman Allah :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap Allah dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Qs. Al-Ahzab: 21)

Ayat diatas menjelaskan bahwa setiap apa yang kita lakukan dalam rangka meniru Rasulullah SAW maka itu bagus dan hukumnya itu sebagai ibadah.

Model Rambut yang Dilarang Nabi Muhammad

Sangat boleh bila kita memiliki rambut panjang, seorang laki-laki pun juga diperbolehkan untuk memiliki rambut panjang. Bahkan hal ini disunnahkan oleh Nabi Muhammad dan hukumnya sebagainya ibadah. Namun sebenarnya boleh tidak memiliki model rambut lain selain memanjangkan rambut??

Sebenarnya untuk memiliki model rambut lain itu boleh-boleh saja, namun tentu harus sesuai dengan syariat agama Islam dan tuntunn Nabi Muhammad SAW. karena tidak ssemua model rambut itu diperbolehkan dalam Islam. Ada beberapa model rambut yang dilarang dalam Islam dan tidak dibolehkan Nabi Muhammad yaitu antara lain :

1. Qada

Qada nerupakan salah satu model rambut yaitu dengan mencukur rambut pada beberapa titik tertentu secara acak dan membiarkan pada titik lainnya. Sehingga bentuknya tidak beraturan seperti gumpalan awan. Dari Ibnu ‘Umar radhiyallâhu ‘anhumâ bahwa beliau berkata:

ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ‏‎ ‎ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻧَﻬَﻰ ﻋَﻦِ ﺍﻟْﻘَﺰَﻉِ

Artinya : “Sesungguhnya Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam melarang dari Qaza’.”

2. Mencat uban dengan warna hitam

Salah satu model rambut yang dilarang oleh Nabi Muhammad adalah mencat uban dengan warna hitam. Diriwayatkan  Abu Daud,  dari Ibnu Abbas, dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

يَكُونُ قَوْمٌ يَخْضِبُونَ فِى آخِرِ الزَّمَانِ بِالسَّوَادِ كَحَوَاصِلِ الْحَمَامِ لاَ يَرِيحُونَ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ (والحديث صححه الألباني في صحيح أبي داود)

Artinya : “Akan ada di akhir zaman, kaum yang menyemir rambutnya seperti bulu merpati, maka dia tidak mencium bau surga.” (Dalam Shahih Abu Daud).

3. Menyambung rambut

Menyambung rambut itu sangatlah tidak diperbolehkan, baik menggunakan rambut manusia maupun rambut hewan itu hukumnya haram. Sebagaimana sabda Nabi: “Allah melaknat perempuan yang menyambung rambut dan yang minta disambung.”

Model Rambut yang Diperbolehkan Nabi Muhammad

Rambut Nabi Muhammad
masjidku.com

Jika diatas tadi menerangkan beberapa jenis model rambut yang dilarang oleh Nabi Muhammad. Maka model rambut yang seperti apa yang diperbolehkan oleh Nabi Muhamad SAW tersebut??

Seperti yang sudah dibahas pada keterangan sebelumnya, bahwa Nabi Muhammad SAW memperbolehkan seseorang untuk memanjangkan rambutnya, baik itu perempuan maupun laki-laki. Hukum dalam memanjangkan rambut adalah sunnah. Dan bahkan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa itu hukumnya sebagai ibadah.

Sehingga model rambut yang diperbolehkan oleh Nabi Muhammad dan dalam Islam adalah dengan cara memanjangkannya. Seperti yang dikatakan oleh Imam Ahmad rahimahullah taala : memanjangkan rambut itu adalah sunnah, seandainya kita mampu pasti kita sudah memanjangkannya. Akan tetapi hal ini perlu mendapat perhatian.

Perhatian yang dimaksud disini adalah bahwa untuk memanjangkan rambut harus peduli untuk merawatnya. Seperti misalnya untuk menyisirnya, meminyakinya dll. Sebab untuk memiliki rambut panjang itu lebih susah dan mahal dalam merawatnya. Jadi jika ingin memiliki rambut panjang harus memerhatikan beberapa hal tersebut.

Selain itu untuk memanjangkan rambut, harus memerhatikan beberapa hal yaitu  antara lain adalah :

  1. Niat untuk memanjangkan rambutnya tersebut harus karena Allah Ta’ala, serta mengikuti petunjuk Rasul agar mendapat balasan dan pahala.
  2. Dalam memanjangkan rambut maka sebaiknya tidak menyerupai wanita.
  3. Tujuan memanjangkan rambut untuk tidak ahli kitab, atau penyembah berhala, seniman ataupun penyanyi.
  4. Membersihkan rambut dan menyisirnya.

Gallery for Inilah Peninggalan Rambut Nabi Muhammad yang Masih Disimpan Hingga Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *