Keturunan Nabi Muhammad yang Saat Ini Masih Hidup

529 views
Keturunan Nabi Muhammad
Pixabay.com

Keturunan Nabi Muhammad Nabi Muhammad adalah salah satu nabi yang wajib kita imani. Sebab banyak ajaran yang baik untuk kita yang dibawa oleh Nabi Muhammad tersebut. Dan kita sebagai umatnya yang berbakti maka harus mengikuti ajarannya dan bersedia melaksanakan apa yang telah diperintah dan diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Sejarah Keturunan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad tersebut dikaruniai keturunan 7 anak, yaitu 3 anak laki-laki yang bernama Qasim, Abdullah dan Ibrahim serta 4 anak perempuan yaitu Zaenab, Ruqoyyah, Ummu kultsum dan Fatimah Azzahra.

Setiap keturunan tersebut berasal dari ayahnya, kecuali keturunan dari Sayyidatun Fatimah bersambung kepada Rasulullah merekalah yang keturunan Nabi Muhammad. Sebagaimana sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yaitu bahwa Rasulullah Bersabda :

“Setiap anak yang dilahirkan ibunya bernasab kepada ayahnya, kecuali anak-anak dari fatimah, akulah wali mereka, akulah nasab mereka dan akulah ayah mereka”. (HR. Imam Ahmad).

Sayyidatun fatimah ini dikaruniai 2 orang putra yaitu bernama Sayyidina hasan dan Sayyidina Husein. Dari kedua cucu nabi inilah maka lahirlah cucu Rasulullah yang hingga kini sekarng kita kenal dengan sebutan Syarif, Syarifah, Sayyid dan Sabib. Untuk keturunan Sayyidina Hasan yaitu sering disebut dengan sebutan al-hasni hanya ada sedikit di Indonesia.

Keturunan dari Sayyidina Husein di Karbala, beliau memiliki enam anak laki-laki yang bernama Ali Akbar, Ali, Ali Ashghar Awsat, Abdullah, Muhammad dan mempunyai juga 3 orang anak perempuan yaitu Zainab, Sakinah dan fatimah.

Semua putra sayyidina secara keseluruhan meninggal dengan pengecualian dari al-awsata atau dikenal sebagai imam Ali Zainab Abidin, dan ia mempunyai anak yang bernama Muhammad Al-Baqir, yang kemudian mempunyai anak yang bernama Ja’far Ash-Shidiq yang merupakan guru dari Imam Hanafi.

Imam Hanafi ini kemudian mempunyai seorang murid yang bernama Imam Maliki, kemudian lagi Imam Mahzab Maliki ini memiliki murid juga bernama Imam Syafi’i dan Imam syafi’i ini juga mempunyai murid yang bernama Ahmad Bin Hambal.

Al-Imam Ja’far Ash Shidiq ini lahir pada tahun 80 H, namun pada riwayat lainnya mengatakan bahwa Al-Imam Ja’far Ash Shidiq ini lahir pada tahun 83 H. Beliau meninggal di kota Madinah yaitu pada tahun 148 H. Kemudian beliau dimakamkan di pekuburan Baqi. Keturunan dari Al-Imam Ja’far Ash Shidiq ini adalah Ali Uraidi.

Ali Uraidi tersebut memiliki seorang anak yang bernama Muhammad An-Nagieb, dan ia memiliki putra bernama Isa Arumi dan juga Ahmad Al Mujahir. Ahmad bin Isa Al Mujahir ini memiliki dua orang putra yaitu Ubaidillah dan Muhammad.

Ubaidillah ini hijrah bersama ayahnya yaitu ke Hadramaut, serta Yaman yang kemudian ia mendapatkan tiga orang putra yang masing-masing bernama Alwi, Jadid dan Ismail. Akhirnya keturunan mereka punah dalam sejarah, sedangkan untuk keturunan Alwi masih tetap dalam lestari. Mereka menanamkan diri dengan nama sesepuhnya yaitu Alwi.

Karena mereka menanamkan diri dengan nama Alwi sebagai sesepuhnya, maka kemudian hal ini dikenal masyarakat dengan sebutan kaum Sayyid Alawiyin.

Para Sayyid Alawiyin menyebarkan dakwah agama Islam diberbagai Asia Tenggara melalui dua jalan yaitu antara lain melakukan hijrah ke India kemudian selanjutnya setelah ke India melakukan perjalanan ke Asia Tenggara. Atau juga bisa mereka melakukan perjalanan langsung dari Hadramaut ke wilayah Asia Tenggara melalui daerah pesisisr India.

Diantara yang melakukan hijrah ke India adalah Syarif Abdullah bin Husein Bafaqih ke kota Kanur dan disana ia menikahi anak seorang menteri yaitu Abdul Wahab serta menjadi pembantunya sampai meninggal.

Sedangkan untuk Syarif Muhammad bin Abdullah Alydrus yang terkenal di kota Surah tersebut dan juga Ahmadabad, dia melakukan hijrah atas perintah kakeknya yang bernama Syarif Syech bin Abdullah Al-Aydrus. Begitu halnya dengan keluarga Abdul Malik yang diberi gelar sebagai  ‘Azhamat Khan’.

Dari keluarga tersebut terjadilah asal muasal keturunan penyebar Islam di Indonesia. Khususny pada daerah Jawa yaitu sering disebut dengan sebutan Wali Songo. Kemudian setelah di India, dia melakukan perjanan dakwahnya ke India lalu melakukan dakwah ke Indoneisa dengan melewati daerah pesisir utara Sumatra yang sekarang dikenal dengan propinsi Aceh.

Silsilah Keturunan Nabi Muhammad

Silsilah

Kilab bin Murrah Fatimah binti Sad
Zuhrah bin Kilab Qushay bin Kilab Hubba binti Hulail
Abdul Manaf bin Zuhrah Abdu Manaf bin Qushay Atikah binti Murrah
Wahab bin Abdu Manaf Hasyim bin Abdu Manaf Salma binti Amr
Fatimah binti Amr Abdul Mutallib Halah binti Wahab
Aminah
ibu
Abdullah
ayah
Abu Thalib Az-Zubayr Harits Hamzah
Thuwaybah
ibu susu
Halimah
ibu susu
Abbas Abu Lahab 6 anak lainnya
Muhammad Khadijah Abdullah bin Abbas
Fatimah Ali Qasim Abdullah bin Muhammad
anak
Zainab
putri
Ruqayyah
putri
Utsman
menantu
family tree
Ummu Kultsum
putri
Zaid
anak angkat
Ali bin Zainab
cucu laki-laki
Umamah bint Zainab
cucu perempuan
`Abd-Allah bin Uthman
cucu laki-laki
Rayhana
(diperdebatkan)
Usamah bin Zaid
cucu angkat
Muhsin bin Ali
cucu laki-laki
Hasan bin Ali
cucu laki-laki
Husain bin Ali
cucu laki-laki
family tree
Ummu Kultsum binti Ali
cucu perempuan
Zainab binti Ali
cucu perempuan
Shafiyah
istri kesepuluh / kesebelas*
Abu Bakar
ayah mertua
family tree
Saudah
istri kedua / ketiga*
Umar
ayah mertua
family tree
Ummu Salamah
istri keenam
Juwairiyah
istri kedelapan
Maimunah
istri kesebelas / keduabelas*
Aisyah
istri kedua / ketiga*
family tree
Zainab
istri kelima
Hafshah
istri keempat
Zainab
istri ketujuh
Ummu Habibah
istri kesembilan
Mariah al-Qibthiyah
istri ketigabelas
Ibrahim
anak

 

Itu beberapa sejarah keturunan Nabi Muhammad beserta dengan Silsilah keturunannya. Dengan adanya keterangan tersebut maka kita akan lebih tahu mengenai siapa saja kuturunan Nabi Muhammad tersebut. Namun tidak itu saja, kita juga lebih tahu mengenai sejarah keturunan Nabi Muhammad SAW.

Keturunan Nabi Muhammad di Indonesia

Dari beberapa keturunan Nabi Muhammad tersebut, adakah sebenarnya keturunan Nabi di Indonesia?? Di Indonesia banyak sekali gelar Rasulullah yang digunakan. Beberapa dari gelar tersebut yaitu Yek yang banyak digunakan orang Jawa, Ayip untuk daerah Palembang dan lain sebagainya.

Dari beberapa gelar tersebut ada salah satu gelar yang sangat akrab sekali digunakan oleh orang Banten yaitu Tubagus. Tubagus ini biasanya diberikan kepada seseorang yang termasuk keturunaan Rasulullah yaitu Fam Azmatkhan. Fam ini diambil dari nama Sayyid Abdul Malik yang lahir dikota Qasam, yaitu disebuah kota di Hadramaut pada tahun 574 H.

Di Indoensia terkenal dengan beberapa nama Habib. Biasanya nama Habib tersebut hanya dipakai oleh keturunan Nabi Muhammad. Ada beberapa nama Habib yang sangat terkenal di Indonesia yaitu antara lain :

  1. Habib Ali Kwitang ini pendiri Majlis Ta’lim di Jakarta
  2. Habib Rizieq yaitu pendiri sekaligus ketua FPI
  3. Habib Ali Alatas mantan menteri luar negeri
  4. Habib Slim segaf Al-Jufri menteri sosial kabinet bersatu II
  5. Habib Nabil Al Musawa wakil kalimantan Partai Keadailan Sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.