10 Kata-kata Ali bin ABi Thalib tentang Wanita dan Kepemimpinan

613 views

 

10 Nasehat Kata-kata Ali bin ABi Thalib tentang Wanita
Pixabay.com

Kata-kata Ali Bin Abi Thalib Ali bin Abi Thalib mempunyai kisah kehidupan yang menarik. Bahkan kisah cintanya pun juga sangat indah dan menarik maka tak heran jika banyak sekali beberapa kutipan kata dari Ali bin Abi Thalib ini sering digunakan untuk berbagai macam pesan untuk sesorang atau memotivasi diri sendiri.

Dari sejak kecil Ali bin Abi Thalib tersebut sudah tinggal bersama Nabi Muhammad. Ali bin Abi Thalib ini tumbuh menjadi seseorang yang cerdas dan pintar. Ada banyak kisah menarik dari kehidupan Ali bin Abi Thalib tersebut yang dapat kita contoh. Misalnya keberaniannya. Selain terkenal dengan kecerdasan dan kepintarannya, ia juga terkenal dengan keberaniannya.

Kisah Hidup Ali bin Abi Thalib yang Bisa Ditiru

Keberanian Ali ini tampak ketika beliau mau untuk menggantikan Nabi Muhammad tidur  di tempat tidurnya. Karena pada waktu itu Rasulullah sedang melakukan hijrahnya ke Yatsrib atau Madinah. Pada waktu itu sekumpulan orang Quraisy berkumpul dengan tujuan untuk membunuh Rasulullah.

Dengan perintah Rasulullah Ali tidur ditempat tidur beliau, agar para orang-orang Quraisy mengira Rasulullah sedang tidur. Meskipun resiko ini sangat besar, nmun Ali bin Thalib sama sekali tidak takut, ia tegar. Bahkan Ali bangga karena dapat melindungi diri Rasulullah.

Kisah cinta Ali Bin Abi Thalib yang Dapat Ditiru

Selain kisah hidup Ali bin Abi Thalib yang dapat ditiru. Kisah lain yang dapat ditiru dari Ali adalah soal kisah cintanya. Mungkin bagi yang belum mengenal kisah cinta Ali dan Fatimah,  maka akan menganggapnya biasa.

Namun bagi mereka yang sudah paham mengenai kisah cinta Ali dan Fatimah pasti akan merasa iri bahkan jika anak jaman sekarang mengatakan dengan istilah baper. Tentu saja pasti baper, sebab keromantisan cinta mereka sungguh sangat luar biasa. Sebab kesabarannya, serta ketulusan cinta yang mereka punya sangat jarang sekali dimiliki oleh anak jaman sekarang.

Dari kisah cinta antara Ali dengan Fatimah tersebut ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil yaitu antara lain :

1. Kesederhanaan

Cinta Ali kepada Fatimah sungguh sangatlah sederhana. Ali tidak pernah mengungkapkan perasaannya kepada Fatimah, begitupun dengan Fatimah yang tidak mengatakan perasaannya kepada Ali. Mereka saling menyembunyikan perasaannya satu sama lainnya.

Kesederhanaan cinta Ali ini tampak ketika ia ingin melamar Fatimah. Pada waktu itu hanya dengan bermodal baju besi Ali memberanikan diri untuk menemui Rasulullah dalam tujuan untuk melamar Fatimah. Dan pada akhirnya lamaran Ali tersebut diterima oleh Rasulullah.

2. Kesabaran

Ali dan Fatimah sama-sama saling menjaga perasaannya. Mereka saling menyembunyikan perasaannya satu dan yang lainnya, karena mereka ingin menjaga cinta mereka sampai menuju cinta yang halal. Dalam hal ini Ali dan Fatimah sama-sama bersabar menjaga cinta mereka agar tidak ternodai dengan hawa nafsu.

3. Berkorban

Agar dapat melamar Fatimah maka Ali bekerja dengan keras dan giat. Agar ia dapat mengumpulkan uang dan akhirnya melamar Fatimah. Karena kegigihan dan kerja keras beliau, maka usahanya tersebut membuahkan hasil. Ternyata Ali dapat melamar Fatimah dan lamaran Ali pun diterima.

Itu beberapa kisah dari Ali bin Abi Thalib yang dapat kita contoh. Dari beberapa kisah diatas kita dapat mengambil pelajaran tentang kehidupan Ali yang cerdas dan pintar serta pemberani. Selain itu dari kisah cintanya, kita juga dapat mengambil pelajaran. Bahwa cinta yang benar adalah cinta antara Ali dengan Fatimah. Dan ini merupkan cinta yang sempurna.

Kata-kata Ali Bin Abi Thalib

10 Kata-kata Ali bin ABi Thalib tentang Wanita dan Kepemimpinan
Pixabay.com

Karena kehidupan Ali bin Abi Thalib ini sangatlah menarik, begitupun dengan kisah cinta yang Ali miliki pasti akan selalu membuat kita iri setiap membaca kisah cinta beliau. Dengan hal ini maka banyak sekali kita menemukan kutipan kata dari Ali bin Abi Thalib. Bahkan kita bisa menemukannya di berbagai buku atau di google.

Atau kata-kata tersebut dapat kita temukan pada teman kita yang mungkin mengirimkan kata-kata tersebut untuk kita. Namun sebenarnya kata-kata apa saja yang dimiliki oleh Ali bin Abi Thalib yang banyak kita gunakan. Kata-kata tersebut antara lain adalah :

1. Jangan sekali-kali menyebabkan keluargamu paling menderita karenamu

Artinya adalah jangan sekali-kali kamu merasa malu memberi meskipun sedikit, sebab jika tidak memberi sama sekali pasti lebih sedikit nilai.

2. Seorang teman tidak bisa dianggap teman sampai ia diuji dalam tiga kesempatan yaitu disaat membutuhkan, di belakang Anda dan setelah kematian Anda.

Artinya adalah setiap orang yang akan dijemput ajalnya meminta lebih banyak waktu. Sedangkan untuk orang yang masih memiliki waktu selalu membuat alasan untuk menunda-nunda.

3. Pahlawan bukanlah orang nan berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan nan sebenarnya adalah orang nan sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

Artinya adalah pekerjaan tangan yang paling sederhana sekalipun demi mempertahankan harga diri seseorang, jauh lebih utama daripada kekayaan yang disertai penyelewengan.

4. Bagianmu yang sesungguhnya dari dunia ini adalah yang memberimu kehormatan diri

Artinya adalah barangsiapa yang menempatkan dirinya ditempat-tempat yang mencurigakan dan janganlah ia menyalahkan orang lain yang berburuk sangka terhadapnya.

5. Hiburlah hatimu, siramilah ia dengan percikan hikmah. Seperti halnya fisik, hati juga merasakan letih. Lidah orang yang berakal berada di belakang hatinya, sedangkan hati orang bodoh berada di belakang lidahnya.

Artinya adalah ilmu itu jauh lebih baik dari pada harta, ilmu menjaga engkau sedangkan engkau menjaga harta. Ilmu itu hukum atau hakim dan sedangkan harta terhukum. Harta itu berkurang jika dibelanjakan tetapi ilmu akan bertambah jika diamalkan.

6. Pertolongan Allah diberikan kepada seseorang sekadar beratnya beban yang dipikulnya

Artinya adalah sebagaian obat justru menjadi penyebab datangnya penyakit, sebagaimana sesuatu yang menyakitkan adakalanya menjadi obat penyembuh.

7. Bila sikap lemah lembut hanya akan mengakibatkan timbulnya kekerasan, maka kekerasan adalah suatu bentuk kelembutan hati

Artinya adalah cabutlah kejahatan dari dalam hati saudaramu yaitu dengan mencabutnya dari dalam hatimu sendiri.

8. Kemenangan dicapai dengan tekad, tekad dicapai dengan pemikiran, dan pikiran dibentuk dengan menjaga rahasia

Artinya adalah kemenangan yang diperoleh dengan kebajikan. Sedangkan kebajikan diperoleh dengan berpikir secara mendalam dan benar. Pikiran yang benar adalah dengan menyimpan sebaik-baik rahasia.

9. Memaafkan adalah kemengan terbaik

Artinya adalah nilailah seseorang dengan kadar tekadnya, ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya, keberaniaannya sesuai dengan kadar penolakan terhadap perbuatan jahat, dan kesucian hati nuraninya sesuai dengan kadar kepekaannya terhadap kehormatan dirinya.

10. Ilmu tanpa akal ibarat seperti memiliki sepatu tanpa kaki. Dan akal tanpa ilmu ibarat seperti memiliki kaki tanpa sepatu

Artinya adalah jangan membenci siapapun, tidak peduli berapa banyak mereka bersalah padamu. Hiduplah dengan rendah hati, tidak peduli seberapa kekayaanmu. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu. Berikanlah banyak, meskipun menerima sedikit. Tetaplah berhubungan dengan orang-orang yang telah melupakanmu, dan ampuni yang bersalah padamu.

Gallery for 10 Kata-kata Ali bin ABi Thalib tentang Wanita dan Kepemimpinan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.