Hikmah Bacaan Tahmid

170 views

 

Bacaan Tahmid Bacaan tahmid merupakan salah satu bacaan yang sering dilakukan saat kita sedang melakukan dzikir. Bacaan dzikir tersebut terdiri dari tasbih, takmid, tahlil, takbir. Dan biasanya ini dilakukan pada setiap melakukan sholat.

 

Namun sebenarnya bacaan dzikir terutama tahmid tidak harus dilakukan pada waktu sholat saja, namun juga bacaan dzikir ini bisa Anda baca saat Anda merasa takut, gelisah, bingung ataupun sedang bahagia. Sebab bacaan tahmid ini merupakan bacaan yang menggambarkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

 

Tahukah anda bunyi dari bacaan tahmid?? Tentu pasti Anda sudah tahu bukan bunyi bacaan tahmid itu seperti apa. Karena bacaan ini sering kita baca ketika kita melakukan sholat. Dan tidak hanya itu saja namun bacaan tahmid ini juga sering kita ungkapkan pada saat kita sedang merasa senang atau mendapat keberkahan dari Allah SWT.

 

Arti Bacaan Tahmid Beserta Tulisan Arabnya

 

Bunyi dari bacaan tahmid tersebut adalah “Alhamdulillah”, yang memiliki arti sebagai segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.  Didalam sholat, setelah kita melaksanakan sholat maka kita dianjurkan untuk membaca tahmid sebanyak 33 kali. Hal ini juga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

 

Namun jika untuk kehidupan sehari-hari bacaan tahmid ini sering digunakan oleh orang-orang sebagai kata pujian atau rasa syukur akibat kebaikan atau keberkahan yang mereka dapatkan.

 

Untuk penulisan tahmid sendiri ini ada dua cara yaitu antara lain :

 

  1. Bacaan tahmid tanpa harokat

الحمدلله

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

 

  1. Bacaan tahmid dengan harokat

اَلْحَمْدُلِلَّهِ

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

 

Itu beberapa jenis penulisan bacaan tahmid yang baik dan benar. Jadi jika Anda suatu saat ingin menuliskan bacaan tahmid, perhatikan beberapa hal diatas dari harokatnya dan tajwidnya.

Dalam setiap hari kita bisa membaca tahmid ini lebih dari 100 bacaan, sebab pada sholat saja kita pasti membacanya sebanyak 33 kali. Padahal setiap hari kita melakukan sholat sebanyak 5 kali. Jika dalam sekali sholat kita dianjurkan membaca sebanyak 33 kali maka jika lima kali tinggal kita kalikan yaitu 5 x 33 = 165 kali bacaan

 

Jadi dalam sehari kita bisa membaca bacaan tahmid ini sebanyak 165 kali. Padahal ini baru waktu sholat saja, belum lagi kalau kita lagi dapat hal bahagia, misalnya dapat hadiah, dapat nilai bagus dll, pasti kita akan membaca bacaan tahmid ini juga, meskipun dalam konteks berbeda. Sehingga kita bisa dapatkan lebih dari 165 bacaan setiap harinya.

 

Hal tersebut merupakan hal bagus, dan ini harus selalu ditingkatkan, sebab ada keutamaan jika anda sering membaca bacaan tahmid. Keutamaan tersebut adalah :

 

  1. “Sesungguhnya Allah benar-benar ridho terhadap hambaNya yang apabila makan dan minum kemudian memuji Allah atas nikmat makan dan minum” (HR Muslim)
  2. Jabir bin Abdullah berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik bacaan dzikir adalah: Laa ilaaha illallaah (tidak ada Tuhan selain Allah). Dan sebaik-baik dua adalah: alhamdulillaah (segala puji bagi Allah)” (HR. Turmudzi”).
  3. “Jika anak seseorang meninggal maka Allah berkata kepada para malaikatnya, “Apakah kalian telah mengambil nyawa putra hambaku?”, mereka menjawab, “Iya”. Allah berkata, “Apakah kalian telah mengambil buah hatinya?”, mereka menjawab, ‘Iya”. Allah berkata, “Apakah yang diucapkan oleh hambaKu?”, mereka berkata, “HambaMu memujimu dan beristrjaa’ (mengucapkan innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’uun)”. Allah berkata, “Bangunkan bagi hambaKu sebuah rumah di surga dan namakan rumah tersebut dengan “Rumah pujian” (HR At-Thirmidzi)
  4. Diriwayatkan dari Al Aswad Rodhiyallahu anhu : “aku (Al Aswad) berkata : ‘wahai Rasulullah, bolehkan aku mendendangkan pujian, yang mana aku memuji Rabbku Tabaaroka wa Ta’alaa? Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam menjawab : “boleh, sesungguhnya Rabbmu Azza wa Jalla menyukai pujian”. ( HR. Ahmad)

 

Itu beberapa keutamaan berdasarkan dalil-dalil yang ada. Masih banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah kita akan semakin dekat dengan Allah. Karena dengan kita banyak bersyukur maka semakin dekat pula kita dengan Allah SWT.

 

Waktu Yang Sering Dilakukan Untuk Bertahmid

 

Kita setiap hari selalu mambaca bacaan tahmid, bahkan jika kita lihat diatas. Kita bisa lebih dari 165 kali membaca bacaan tahmid tersebut. Ini merupakan hal yang sangat bagus, karena dengan begitu kita akan lebih banyak mendapatkan keutamaan dalam hal tersebut. Namun tahukah kalian hal yang Anda lakukan tersebut juga bisa dianggap merupakan suatu kebiasaan.

 

Sebab terdapat waktu yang sering Anda lakukan untuk bertahmid tanpa mungkin anda sadari. Dan waktu itu itu antara lain adalah :

 

  1. Waktu sholat

 

Waktu yang sering kita lakukan untuk bertahmid adalah pada wktu sholat. Ketika Anda sedang melakukan dzikir tanpa Anda ketahui Anda juga sedang membaca salah satu bacaan tahmid yaitu “Alhamdulillah”. Bacaan ini biasanya dilakukan setelah membaca bacaan takbir yaitu “Allah Akbar”.

 

  1. Ketika mendapat kebahagiaan

 

Waktu yang sering kita lakukan untuk bertahmid adalah biasanya pada waktu kita mendapatkan kebahagiaan dan keberkahan. Meskipun ini berbeda konteksnya, karena tahmid yang dibaca pada situasi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas sesuatu yang didapatkan.  Namun tetap perkatan yang kita ucapkan tersebut tergolong bacaan tahmid.

 

  1. Ketika mendapat cobaan atau sedih

 

Bagi orng yang bertakwa, pasti ia akan selalu bersyukur dalam keadaan apapun, meskipun itu dalam keadaan sedih sekalipun. Sebab ia menganggap bahwa cobaan atau kesedihan yang ia dapatkan merupakan wujud cinta Allah kepadanya. Dalam hal ini pasti orang tersebut mengucap kata “Alhmdulillah”. Padahal kata tersebut merupakan bacaan tahmid juga.

 

waktu diatas merupakan waktu-wktu yang sering kita lakukan untuk bertahmid tanpa anda sadari. Mungkin untuk bagian nomor satu dan dua banyak yang menyadarinya tapi ada juga yang belum menyadarinya, sebab mereka belum mengetahui bahwa “Alhamdulillah” merupakan bacaan tahmid.

 

Sedangkan untuk nomor tiga ini hampir semua orang tidak menyadarinya, sebab sangat jarang kita temukan orang yang berucap tahmid saat sedang sedih atau mengalami cobaan. Sehingga dengan begitu tidak banyak pula orang yang mengetahui bahwa bacaan tahmid dapat diucapkan ketika sedih atau mengalami cobaan.

 

Keutamaan Dzikir

 

Bacaan tahmid merupakan salah satu bacan dzikir yang sering kita baca setelah selesai melaksanakan sholat. Bacaan dzikir itu ada beberapa jenis tidak hanya tahmid saja, melainkan terdapat bacaan takbir, tahlil dan tasbih.

 

Jika kita sering membaca bacaan dzikir ini maka kita juga akan mendapatkan beberapa keutamaannya seperti halnya dengan membaca tahmid seperti diatas. Keutamaan tersebut antara lain yaitu :

 

  1. Rasulullah SAW bersabda, “Maukah Aku sampaikan kepada kalian amalan yang dapat melampaui derajat orang kaya dan tidak ada yang mengalahkan derajat kalian sehingga menjadi yang terbaik di antara kalian dan mereka, kecuali mengerjakan amalan berikut, yaitu membaca tasbih, tahmid, dan takbir setiap selesai shalat sebanyak 33 kali.”(HR Bukhori)

 

  1. Dzikir adalah penerang, dzikir adalah penenang, dzikir adalah penyadar dan senjata ampuh pemusnah kesuntukan pikiran, pelenyap tumpukan duka lara. Orang yang berdzikir kepada Allah akan senantiasa bersinar jiwanya, bercahaya tingkah lakunya.

 

  1. Dzikir adalah energi hidup seorang muslim dan turbin yang menggerakkan jiwa mereka. Ibnu Taimiyah pernah mengatakan kepada muridnya, Ibnul Qayyim tentang dzikir ini : Ini adalah makananku, jika aku tidak makan maka habislah kekuatanku. Hasan Al-Bashri memberikan nasehat kepada kita : Carilah kenikmatan itu dalam tiga perkara : Dalam shalat, dalam dzikir, dalam membaca Al-Quran.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *