Film Umar Bin Khattab (Synopsis) Series 12 Full

219 views
Film Umar Bin Khattab
Film Umar Bin Khattab

Film Umar Bin Khattab (Synopsis) Banyak kisah inspiratif yang bisa kita teladani dari Umar bin Khattab. Perjalanan kehidupan beliau begitu sangat menarik, dari awal beliau belum memeluk Islam hingga akhirnya beliau memeluk Islam dengan mengucapkan kalimat syahadat di hadapan Rasulullah beserta orang-orang yang menyaksikannya.

Dari kisah inspiratifnya tersebut, maka kisahnya di perankan dalam sebuah film. Film ini menceritakan sejarah Umar bin Khattab serta menceritakan perjalanan hidup Umar bin Khattab semasa hidupnya hingga wafat.  Meskipun dalam film ini tidak menceritakan semua kehidupan Umar bin Khatttab, namun film ini bisa menjadi ilmu pengetahuan bagi kita.

Di film ini juga menceritakan perjalanan beliau bersama dengan Nabi Muhammad dan para pengikutnya. Walaupun film ini awalnya banyak mengundang kontroversi, karena menayangkan Khulafaur Rasyidin. Namun sebenarnya film ini wajib untuk ditonton karena akan lebih banyak memberikan pengetahuan dan inspiratif.

Sinopsis Singkat Film Umar Bin Khattab

Kisah perjalanan hidup dari Umar bin Khattab ini di filmkan menjadi beberapa episode-episode.

1. Episode 1

Pada episode pertama ini mengkisahkan waktu masa muda Umar bin Khattab. Di episode ini menceritakan ketika umar berumur 60 tahun yang sedang melakukan ibadah haji. Pada ibadahnya tersebut ketika di Padang Arafah Umar sedang melakukan khutbah, diantara khutbah yang Umar lakukan tersebut, Umar mengatakan beberapa hal.

Di dalam khutbah itu Umar mengatakan bahwa untuk menjadi seseorang yang beriman tidak hanya didapat dengan cara berpikir dan berharap, namun juga dilakukan dengan suatu tindakan yang nyata.

Dalam perjalananya, Umar teringat akan masa muda. Kemudian terjadilah kilas cerita balik Umar ke masa muda. Sewaktu Umar masih muda, Umar memiliki cerita yang kelam, jiwa yang gelap, dan kehampaan hati. Hal ini yang akhirnya membentuk karakter Umar hingga sekarang.

2. Episode 2

Di episode dua ini menceritakan bahwa Umar sedang berada di rumah Abu Hikam. Di kota Makkah, pada saat itu kaum Quraisy siap untuk mengadakan pertemuan. Namun hal ini tidak biasa terjadi pada Abu Bakar, sebab pada pertemuan tersebut Abu Bakar tidak menghadirinya.

Namun justru Abu Bakar bertemu dengan Utsman bin Affan. Dengan pertemuannya dengan Utsman tersebut, maka Abu Bakar mendapat cerita tentang Nabi Muhammad yang resmi di angkat menjadi Rasulullah.

Umar yang lebih dulu mendengar soal kiprah Nabi Muhammad, beliau kemudian mendatangi rumah Abu Hikam. Setelah sampai kerumah Abu Hikam, Umar melakukan diskusi soal beliau. Pada saat inilah terjadilah kebencian kaum Quraisy terhadap Muhammad dan juga terhadap kaum Muslimin.

3. Episode 3

Di episode tiga ini menceritakan adanya ancaman para petinggi Quraisy. Para petinggi Quraisy ini terbelah opinya, sebagian ada yang tidak memperdulikan soal Nabi Muhammad namun sebagian lagi ada yang sangat ingin menghentikan Nabi Muhammad SAW.

Kemudian Umar memberikan saran kepada petinggi Quraisy untuk meminta Abu Thalib berbicara kepada Muhammad SAW untuk menghentikan kegiatannya yaitu menyebarkan agama Islam. Mereka akan mengancam Abu Thalib jika Muhannad SAW tetap melakukan kegiatannya tersebut.

Dikisahkan juga bahwa Abu Lahab sering melakukan kegiatan yaitu membuang kotoran didepan pintu rumah Nabi Muhammad SAW. Begitupun dengan istrinya yaitu Ummu Jamil, yang memiliki aktivitas menaruh kayu bakar di depan pintu rumah Muhmmad SAW.

Kegiatan Abu Lahab tersebut akhirnya dapat diketahui oleh saudaranya yang bernama Hamzah. Karena melihat perlakuan buruk saudaranya tersebut maka Hamzah marah kepada Abu Lahab.

4. Episode 4

Pada episode empat ini menceritakan kemarahan Abu Jahal. Karena tahu bahwa Abu Thalib tidak ingin menghentikan Nabi Muhammad. Maka para kaum Quraisy murka. Yang sangat terlihat kemarahannya adalah Abu Jahal. Kemudian Abu Jahal datang kerumah Abu Thalib untuk bertanya soal sepak terjang Nabi Muhammad, terjadi perbedaan pendapat antara mereka.

Dalam hal ini kaum Quraisy menyimpulkan bahwa kelahiran Muhammad SAW menjadi pemecah persatuan kaum Quraisy.

5. Episode 5

Episode lima ini menceritakan tentang penangkapan Ayyash dan Salamah. Karena Abu Jahal sangat marah, maka ia mulai melakukan tindakan dan karena tindakannya tersebut ia mendpatkan korban pertama yaitu Ayyash dan Salamah. Keduanya tersebut ditangkap dan disiksa oleh Abu Jahal.

Setelah adanya kejadian tersebut, maka Umar kemudian berpidato di depan para kaum Quraisy. Umar berpidato dengan sangat tegas dan menerangkan bahwa ia akan menentang Islam. Dan ia juga akan melakukan sesuatu jika Nabi Muhammad tetap melakukan kegiatannya tersebut.

Dan pada sisi lain ada Abu Bakar yang terus berusaha menenangkan kaum Muslimin untuk tetap tabah dan sabar dalam menghadapi cobaan tersebut.

6. Episode 6

Pada episode ini menceritakan tentang Bilal yang merdeka. Secara mengejutkan Abu Bakar membebaskan budak Bilal dan Umayyah. Tentu hal ini semakin membuat kaum Quraisy murka. Dan Abu Jahal semakin menggila untuk memerangi, memburu dan menyiksa kaum Muslimin untuk kembali menyembah berhala yaitu Latta dan Uzza.

Dan ditempat lain pun, para sahabat Nabi berkumpul, mereka melakukan diskusi dan membahas cara untuk menghadapi tekanan dari kaum Quraisy.

7. Episode 7

Episode ini menceritakan tentang Nabi Muhammad yang menyeru kaum Muslimin untuk hijrah ke Abyssinia. Umar berkata kepada Abdullah bin Suhil yaitu, “Orang yang bisa mengikuti kata hatinya, dialah orang yang penuh kehormatan.

Setelah itu, Abdullah pulang dan bertemu ayahnya dan mengatakan bahwa ia telah masuk Islam. Karena Ayahnya tersebut tidak suka dan tidak menyetujui ia masuk Islam, sehingga Abdullh diusir dari rumahnya.

Kemudian Nabi Muhammad mengetahui bahwa kaum Muslimin sangat menderita. Oleh karena itu Nabi Muhammad menyeru mereka untuk hijrah ke Abissynia. Dan hal ini membuat kaum Quraisy dan Umar begitu sangat terkejut.

8. Episode 8

Di episode ini menceritakan soal Umar bin Khattab yang masuk Islam. Sebelum Umar bin Khattab masuk Islam, ia sangat membenci Nabi Muhammad dan para pengikutnya yaitu kaum Muslimin. Umar ini dikenal dengan sosoknya yang keras dan tegas, sehingga para kaum Quraisy sangat takut kepadanya.

Namun setelah masuk Islam, Umar pun mengumumkan keislamannya tersebut kepada orang-orang kafir Quraisy. Sehingga hal ini memancing kemarahan mereka.

9. Episode 9

Episode sembilan ini menceritakan tentang raja Abyssinia masuk Islam. Karena sebuah ucapan dari Ja’far yang membacakan salah satu surah Al-Maryam, maka raja Abyssinia memeluk agama Islam.

Kemudian ada pembaikotan terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Muthalib oleh orang-orang kafir Quraisy, yang melarang aktivitas perdagangan, perkawinan dan lain sebagainya.

10. Episode 10

Pada episode kesepuluh ini menceritakan tahun 12 hijrriyah. Pada tahun ke 12 hijriyah, ada sekelompok orang yag datang dari Yathrib ke Makkah. Tujuan mereka adalah untuk menemui Rasul dan menghijrahkan diri untuk memeluk Islam.

Itu beberapa sinopsis singkat dari kisah Umar bin Khattab, masih banyak cerita yang nantinya bisa Anda temukan dan baca sebagai ilmu pengetahuan dan motivasi diri Anda. Dari beberapa sinopsis tersebut kita dapat mengambil beberapa pelajaran juga dari kisah Umar bin Khattab yang dapat kita teladani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *