Manfaat dan Doa Sholat Tasbih

92 views
Manfaat dan Doa Sholat Tasbih
Pixabay.com

Sholat Tasbih Sholat tasbih merupakan salah satu sholat sunnah yang juga banyak mengandung keutamaannya. Namum sholat tasbih ini sedikit awam bagi kita yang belum mengetahui sebelumnya. Bagi Muslim yang taat pada agama pasti sangat paham sekali mengenai sholat tasbih ini. Untuk itu kita sebagai umat muslim harus tahu sholat tasbih ini.

Sholat tasbih adalah sholat yang dimana setiap sholat kita hanya melakukan dzikir dan bertasbih hanya untuk Allah Yang Maha Besar atas segalanya. Sholat tasbih dilakukan dengan cara bertasbih dan berdzikir kepada Allah dengan cara yang khusus.

Hukum melakukan sholat tasbih ini adalah sunnah. Sunnah artinya adalah bila kita mengerjakan sholat tersebut maka akan mendapat pahala dan jika seAndainya kita tidak melakukan sholat tersebut maka tidak berdosa. Namun alangkah baiknya jika kita melakukannya agar mendapatkan pahala untuk bekal akhirat kita kelak.

Pelaksanaan Sholat Tasbih

Untuk melaksanakan sholat tasbih, ada beberapa cara yang harus kita lakukan. Cara melakukannya beda dengan melakukan sholat sunnah yang lainnya. sholat tasbih ini dianjurkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliau mengatakan bahwa sholat tasbih ini dilakukan setiap malam hari.

Namun jika kita tidak mampu melakukannya setiap hari maka seminggu sekali, jika tidak mampu seminggu sekali maka sebulan sekali, dan jika masih belum bisa melaksanakan sebulan sekali maka setahun sekali, dan ternyata masih belum bisa juga melakukan setahun sekali maka dapat dilakukan seumur hidup sekali.

Itulah beberapa aturan dan anjuran agama Islam kepada umatnya dengan tanpa memaksa. Sebab untuk mencari sebuah ketulusan dan keridhaan Allah itu sangatlah penting. Oleh sebab itu dengan sebuah paksaan justru akan menghilangkan ketulusan dan keridhaan seseorang untuk melakukan ibadah kepada Allah.

Untuk meelakukan sholat tasbih ada beberapa cara untuk melakukannya, dan sudah diriwayatkan bahwa sholat tasbih ini berjumlah 4 rakaat, namun dengan ketentuan yaitu :

  1. Pada siang hari dilakukan satu salam, dengan niat untuk melakukan sholat 4 rakaat sekaligus.
  2. Jika itu dilakukan pada malam hari maka dengan membagi empat rakaat menjadi dua rakaat dan dua sholat, sehingga akan ada dua kali salam pada saat akan melakukan sholat tasbih pada malam hari.
  3. Tasbih yang harus dibaca pada setiap rakaat sholat tasbih yaitu berjumlah 75 kali pada rakaatnya. Jika ditotalkan dari 75 kali 4 rakaat sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa kita membaca tasbih sebanyak 300 tasbih.
  4. Pendapat dari syaikh Ali al-Kawwash, sholat tasbih ini dapat kita rasakan manfaatnya jika kita melakukannya sebelum melakukan sholat hajat. Hal ini dikarenakan bahwa sholat tasbih dapat menghapus dosa-dosa orang yang melakukan sholat tasbih. Dengan terhapusnya dosa-dosa tersebut, maka apa yang menjadi hajat dapat terkabul.

Macam-macam dan Jenis Sholat Tasbih

Sholat tasbih terdiri dari beberapa jenis dan macamnya. Sholat tasbih tersebut terdiri dari dua macam. Yaitu sholat tasbih dua rakaat yang dilakukan pada malam hari, serta sholat tasbih yang dilakukan pada siang hari yang dilakukan sebanyak 4 rakaat. Jadi yang membedakan jumlah rakaat pada sholat tasbih adalah waktu pelaksanaanya yaitu siang atau malam.

Niat Untuk Melakukan Sholat Tasbih

Doa Sholat Tasbih
Pixabay.com

Seperti sholat lainnya, untuk melakukan sholat tasbih kita harus membaca niatnya terlebih dahulu. Hal yang harus Anda ingat yaitu untuk sholat tasbih dengan dua rakaat dan empat rakaat memiliki bacaan niat yang berbeda. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan dibawah ini. Berikut bacaan niat berdasarkan jumlah rakaatnya :

1. Sholat sunnah tasbih dua rakaat atau dua kali salam bacaan niatnya yaitu :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Cara membacanya yaitu : “Usholli sunnatat-tashbiihi rok’ataini lillahi taa’alaa”.

Artinya : “Saya niat sholat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

2. Sholat sunnah tasbih dengan empat rakaat memiliki bacaan niat dengan lafadz yaitu :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّسْبِيْحِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Cara membacanya yaitu : “Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’alaa.” 

Artinya : “Saya niat sholat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah Ta’ala”.

Sebenarnya untuk melakukan sholat tasbih ini, sama dengan melakukan solat tasbih seperti sholat sunnah yang lainnya. Namun yang membedakan sholat tasbih ini dari yang lain adalah dari bacaan tasbihnya. Adapun bacaan tasbih yang dibaca saat melakukan sholat tasbih adalah :

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Cara membacanya yaitu : “subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallohu allohu akbar”

Artinya : “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Tatacara Melakukan Sholat Tasbih

Banyak dari kita yang masih belum tahu tentang melaksanakan sholat tasbih tersebut. Untuk itu banyak yang masih bingung untuk melakukan sholat sunnah tasbih tersebut. Perbedaan sholat sunnah tasbih dengan sholat fardhu adalah terletak dari banyaknya jumlah tasbih yang dibaca seperti misal untuk sholat tasbih sebanyak 75 kali tasbih yang dibaca.

Berikut beberapa penjelasan mengenai tatacara sholat sunnah tasbih yaitu :

1. Niat

Untuk melakukan sholat tasbih ini sama dengan melakukan sholat yang lain seperti sholat fardhu ataupun sunnah lainnya yaitu diawali dengan nitnya terlebih dahulu. Karena niat merupakn salah satu syarat sahnya sholat, baik untuk sholat wajib maupun sunnah. Jadi jika tanpa adanya niat dari awal, maka sholat kita tidak akan sah.

2. Membaca surah Al-Fatihah

Seperti halnya dengan niat. Bahwa membaca Al-Fatihah pada saat sholat baik sholat wajib maupun sunnah merupakan salah satu syarat sahny sholat. Jadi jika Anda tidak membaca surah Al-Fatiha dalam sholat sunnah tasbih Anda tersebut maka sholat Anda tidak akan sah.

3. Membaca surah Al-Kafirun

Setelah Anda sudah membaca surah Al-Fatihah, maka kita dianjurkan membaca surah Al-Kafirun dalam sholat sunnah tasbih. Namun akan jauh lebih baik dan utama adalah setelah membaca surah Al-Fatihh membaca surat yang terdapat bacaan tasbihnya seperti dalam surah Al-Hadid, Al-Hasyr, dan Ash-Shaff.

4. Membaca tasbih sebanyak 15 kali

Setelah kita telah selesai membaca surah pendek maka kita dianjurkan untuk bertasbih sebanyak 15 kali. Tasbih yang dibaca adalah tasbih yang sudah dibahas diatas.

5. Ruku’

Setelah membaca bacaan sholawat sebanyak 15 kali telah selesai. Untuk bacaan ruku’ juga sama dengan ruku’ sholat fardhu. Setelah selesai melakukan ruku’ maka membaca tasbih sebanyak 10 kali.

6. I’tidal dengan tasbih 10 kali

Setelah gerakan ruku maka kita melakukan gerakan I’tidal. Bacaan yang dibaca pun juga sama dengan bacaan I’tidal sholat fardhu. Namun yang membedakan adalah dengan menambahkan bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

7. Sujud

Setelh tadi I’tidal sudah dilakukan maka gerakan sujud akan dilakukan. Bacaan sujudnya juga sama dengan sholat fardhu. Setelah selesai sujud maka dianjurkan membaca tasbih sebanyak 10 kali.

8. Duduk diantara dua sujud

Setelah selesi sujud maka kita melakukan duduk diantara dua sujud. Bacaan yang harus dibaca sama dengan sholat fardhu. Kemudian setelah selesai maka dianjurkan membaca tasbih 10 kali.

9. Sujud kembali

Setelah melakukan duduk diantara dua sujud maka kita kembali sujud dengan membaca bacaan yang sama seperti sholat fardhu.  Dan kemudian membaca tasbih sebanyak 10 kali.

10. Salam

Setelah selesai melakukan rakaat pertama maka dilanjutkan dengan rakaat kedua dengan cara yang sama pula. Duduk sebentar sebelum berdiri dianjurkan membaca tasbih 10 kali.

Gallery for Manfaat dan Doa Sholat Tasbih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.