7 Cara Jitu Mengatasi Insomnia

22 views
Insomnia
(Sumber: Pixaabay)

Secangkir Ilmu – Tidur merupakan cara tubuh kita untuk mengistirahatkan semua organ penting dalam tubuh kita. Seperti jantung, paru-paru, hati, otak, dan juga termasuk organ pencernaan. Istirahat disini bukan berarti berhenti bekerja, akan tetapi merelaksasi agar organ-organ tersebut kembali segar. Karena pada hakikatnya, organ-organ tubuh tersebut juga bisa mengalami kelelahan.

Selain organ-organ vital tadi, kekurangan tidur dapat mengganggu kinerja sistem hormonal dan metabolisme pada tubuh kita. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kelainan susah tidur teratur pada malam hari yang biasa disebut Insomnia beserta cara mengatasi Insomnia.

Pengertian Insomnia
Apa itu insomnia? Insomnia merupakan gangguan susah tidur normal pada malam hari. Akibatnya tidur kita menjadi tidak berkualitas karena tidak teratur dan tidak pada waktu yang efisien. Kerentanan terhadap penyakit merupakan dampak buruk dari insomnia ini.

Penyebab Insomnia
Apakah penyebab insomnia? Kelainan ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain salah mengkonsumsi obat, sering mengonsumsi makanan atau minuman stimulan, terlalu banyak tidur siang, dan termasuk stress atau kekhawatiran berlebih. Sebenarnya untuk mengatasi insomnia tidaklah sulit, asalkan mau bersungguh-sungguh dan konsisten.

Cara ampuh mengatasi insomnia

1. Memilih warna dekorasi kamar yang tepat

Kita akan lebih merasa tenang dan nyaman jika berada pada ruangan yang bernuansa warna kesukaan. Akan tetapi jika warna kesukaan kalian adalah warna yang terlalu gelap atau mencolok, kita bisa memakai warna alternatif yang bersifat lembut seperti hijau muda dan biru muda.

Jika dirasa mengubah warna kamar kita memerlukan tenaga atau biaya yang relatif mahal, kita dapat mengakalinya dengan mematikan lampu atau mengganti warna lampu yang redup dan kalem sebelum tidur malam.

2. Kurangi cahaya berlebih

Masih berhubungan dengan cara pertama, mengurangi cahaya merlebih merupakan salah satu cara jitu mengatasi insomnia. Menurut survey para ahli, tidur dengan cahaya yang gemerlap dan terang akan mengganggu efekrifitas dan kenyenyakan tidur.

3. Menjauhkan alat-alat elektronik.

Cara menyembuhkan insomnia yang selanjutnya adalah dengan menjauhkan beberapa alat-alat elektronik seperti ponsel, laptop, televisi dan lain-lain. Selain permasalahan radiasi dari barang elektronik tersebut, dampak lain juga menyebabkan lupa waktu ketika menggunakan ponsel, laptop, atau televisi. Menghindari hal-hal tersebut sangat dianjurkan ketika jam-jam efektif untuk tidur dan beristirahat.

4. Menjaga Kerapian Kamar
Cara mengatasi insomnia selanjutnya yaitu dengan menjaga kerapian kamar tidur kita. Selain membuat enak dipandang sehari-hari, ternyata kerapian kamar akan berpengaruh kepada psikologi, ketenangan, dan kenyamanan seseorang. Tidur akan lebih berkualitas jika lingkungan sekitar terasa nyaman.

5. Menjaga Kesegaran Udara

Masih berhubungan dengan kenyamanan saat tidur. Udara yang segar juga berpengaruh penting kepada kenyamanan tidur. Jangan tutup rapat kamar anda jika tidak menggunakan AC, tetap harus ada sirkulasi udara dalam kamar anda. Hal ini bertujuan agar udara di kamar anda tidak kekurangan oksigen.

6. Tidak Makan Sebelum Tidur

Meskipun makan merupakan hal yang baik, akan tetapi lebih baik dilakukan paling tidak 1 jam sebelum jam tidur anda. Karena setelah makan, organ tubuh yang vital terutama pencernaan akan lebih aktif dan bekerja lebih untuk mencerna makanan. Maka sebaiknya kita hindari makan sekitar 60 menit sebelum jam tidur anda.

7. Mengkonsumsi obat tidur

Cara yang satu ini termasuk cara paling ampuh, akan tetapi sangan tidak dianjurkan untuk selalu memakainya. Efek samping dari obat tidur akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Jikalau masih ingin merutinkan mengkonsumsinya, sebaiknya kita menggunakan obat dengan bahan herbal. Selain aman efek samping, tentu juga punyai efek baik bagi kesehatan.

Demikian tadi 7 cara jitu untuk mengatasi insomnia. Semoga dapat bermanfaat untuk lepas dari insomnia. Aminn…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.