Arti Kata Syukron

300 views
Beragam Alhamdulillah Tulisan Arab
Pixabay.com

Arti Sukron Kata Sukron pasti sudah pernah Anda dengar sebelumnya bukan. Biasanya kata ini sering diucapkan oleh seorang akhwat atau ihwan. Ada juga yang menyebutnya dengan akhi maupun ukhti. Mereka menggunakan kata ini sebagai bentuk pujian kepada seseorang berkat kebaikan atau sebuah ketulusan yang diberikan.

 

Sudah tahukah Anda dengan kata sukron?? Bagi orang awam kata tersebut sangat jarang sekali digunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Namun banyak dari kita juga yang menggunakan dari kata tersebut. Biasanya kita juga sering mendapatkannya lewat sebuah pesan di hp atau cara pengucapan secara langsung.

 

Arti Kata Sukron

 

Sukron ini berasal dari bahasa Arab yaitu syakoro, yaskuru, sukron yang memiliki arti sebagai mensyukuri-Nya, memuji-Nya, terima kasih kepada-Nya. Sukron memiliki arti secara detail yaitu terima kasih.

 

Terima kasih ini dapat berupa ungkapan rasa syukur kita terhadap Allah SWT, namun jika kita gunakan kepada orang lain hanya berwujud sebagai ungkapan pujian akibat kebaikan atau ketulusan orang tersebut.

 

Orang Indonesia masih banyak menggunakan kata sukron sebagai kata syukur yang berarti suatu wujud syukur dalam segala hal, dan ini masih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kata syukur diambil dari kata syukuran yang memiliki arti lebih jelas dan mendalam yaitu mengingat akan segala nikmatNya.

 

Bagi masyarakat Muslim sukron ini biasanya digunakan untuk berdialog sesama Muslim sebagai ucapan terima kasih. Selain itu kata sukron juga banyak digunakan masyarakat Muslim pada nama orang, dan bahkan di Indonesia banyak yang menggunakan hal itu.

 

Tentu pemberian nama ini tidak bisa sembarangan begitu saja, jika ada orang tua yang memberikan nama tersebut maka orang tua itu berharap yang terbaik untuk anaknya tersbebut. Sebab nama adalah sebuah doa dan harapan orang tua kepada anaknya. Karena hal ini pula yang juga dikatakan oleh Rasulullah.

 

Adab Orang Yang Menjawab Sukron

 

Ternyata untuk menjawab sukron kepada orang lain itu ada adab dan tata krama yang baik yang harus diperhatikan. Karena seperti yang sudah kita tahu bahwa sukron memiliki arti sebagai ungkapan terima kasih. Tentu untuk menjawab kata terima kasih tersebut kita tidak boleh asal-asalan.

 

Dikarenakan tadi mungkin kita sudah melakukan kebaikan kepada orang tersebut dan akhirnya kita menjawab sukron orang itu dengan semabarangan. Hal ini tidak boleh dilakukan, sebab ini suatu bentuk yang tidak sopan. Meskipun memang kita melakukan kebaikan kepada orang tersebut, namun tetap dalam sebuah pengucapan haruslah sopan.

 

Lalu bagaimana cara menjawab kata sukron ketika ada orang yang mengatakan hal itu kepada kita?? Jika ada seseorang yang mengatakan sukron kepada kita maka cara menjawabnya dengan afwan. Afwan memiliki arti yaitu sama-sama, sehingga jika anda yang berterima kasih kepada kita maka jawabnya yang baik dalam bahasa Arab yaitu afwan.

 

Afwan ini juga banyak memiliki arti tidak hanya sama-sama. Afwan juga dapat bermakna sebagai ucapan maaf. Banyak orang Muslim yang mengatakan kata maaf dengan afwan. Namun karena hal ini termasuk dari ibadah muamalah, jadi tidak ada masalah. Sehingga kita harus menyesuaikan kata tersebut sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Penggunaan bahasa ini tergantung dari setiap individu, jika ada yang lebih menggunakan dengan bahasa Indonesia maka itu tidak masalah, begitupun dengan penggunan bahasa Arab itu juga tidak apa-apa. Yang terpenting adalah kedua bahasa itu harus dapat disepakati bersama, jika adanya kesepakatan maka bahasa tersebut bisa menjadi kekayaan kebudayaan dan bisa menumbuhkan peradaban baru.

Adab dalam menjawab sukron yang baik adalah dengan menggunakan kata afwan disertai dengan kata yang lembut dan sopan. Karena jika kita menggunakan kata sopan dan lembut, maka orang yang mendengarnya tersebut akan senang dan merasa nyaman. Namun jika Anda menjawabnya dengan asal-asalan dan menggunakan kata yang kasar maka orang tersebut akan sedih.

Adab lainnya yaitu jika anda tidak mampu menjawabnya dengan bahasa Arab, maka Anda bisa menjawabnya dengan bahasa Indonesia. Karena ini lebih baik dari pada tidak menjawabnya sama sekali atau menjawab dengan asal-asalan. Namun tetap dengan memperhatikan kesopanan dalam pengucapannya.

Perbedaan Afwan Dengan Jazakallah Khairan Katsiiran

Ternyata dalam membalas ucapan terima kasih dalam bahasa Arab ada dua pengucapan kata yaitu afwan dengan jazakallah khairan katsiiran. Kedua kata tersebut sebenarnya memiliki artinya sama yaitu sama-sama, namun ada beberapa sedikit perbedaan dalam penggunaannya. Lalu perbedaan tersebut terletak pada bagian apa??

  1. Sesuaikan dengan penggunaan kalimatnya

Penggunaan kata afwan dengan jazakallah khairan katsiiran ini digunakan pada kalimat yang berbeda. Misalnya untuk kata afwan digunakan untuk kalimat biasanya misalnya sukron atau sukron katsiiran artinya adalah terima kasih atau terima kasih banyak maka jawabannya afwan yang artinya sama-sama.

Sedangkan untuk kata jazakallah khairan katsiiran digunakan untuk kalimat yang mengungkapkan sebuah doa seperti yaitu sukron atau sukron katsiiron yang berarti terima kasih atau terima kasih banyak dan untuk menjawab kalimat tersebut sebagai doa terhadap orang tersebut maka jawabnya yaitu jazakallah khairan katsiiran yang artinya sama-sama+doa.

  1. Penggunaannya dituju kepada siapa

Seperti dalam bahsa Inggris, ada penggunan kata atau kalimat yang dimana kalimat tersebut ditujukan kepada siapa. Apakah kepad a laki-laki atau perempuan. Begitupun dengan bahasa Arab. Ada beberapa kata atau kalimat yang dimana kata atau kalimat tersebut harus jelas ditujukan kepada siapa.

Misal seperti kata afwan , kata ini ditujukan kepada semua pihak baik perempuan maupun laki-laki tanpa ada pengubahan kata atau tamhan lainnya. sedangkan untuk kata jazakallah katsiiroan ini memiliki beberapa tulisan atau tambahan kata seperti :

Jika kata jazakallah katsiraan dituju kepada seorang perempuan (kepada kamu – Ki) maka cara pengucapannya menjadi  “JazaKillah Khairan katsiiraa” yang memiliki arti sebagai Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak.

Sedangkan penggunaan yang dituju kepada seorang laki-laki (kepada kamu – Ka) maka cara pengucapannya yaitu seperti “JazaKallah Khairan Katsiiraa” yang memiliki arti sebagai Semoga Allah Membelasmu dengan kebaikan yang Banyak.

Kemudian jika kata jazakallah katsiiran dituju kepada seorang perempuan (kepada kalian – Kun) maka cara pengucapannya seperti “JazaKunnallah Khairan Katsiiraa” yang memiliki arti sebagai Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan yang banyak.

Sedangkan untuk penggunaan yang dituju kepada seorang laki-laki (kepada kalian –Kum) maka cara pengucapannya menjadi “JazaKumullah Khairan Katsiiraa” yang memiliki arti sebagai Semoga Allah Membalas kalian dengan kebaikan yang banyak.

Itu beberapa perbedaan antara afwan dengan jazakallah khairan katsiiran. Sebenarnya semunya memiliki arti yang sama yaitu berarti sama-sama. Namun yang membedakan adalah cara penggunaannya yang dituju kepada siapa.

Jadi kesimpulannya, ketika kita mendapat ucapan syukron dari seseorang, kita bisa membalasnya dengan ucapan afwan yang berarti maaf saya hanya bisa berbuat demikian, tidak bisa lebih yang bermakna rendah hati. Selain itu, kita juga bisa membalas dengan ucapan Jazakallahu khairan yang berarti semoga Allah membalas kebaikanmu.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *