Arti Barakallah Fii Umrik Arab

624 views
Arti Barakallah Fii Umrik Arab
Pixabay.com

 

Arti Barakallah Fii Umrik Mungkin kita sering mendengar kata barakallah fii umrik. Dan mungkin juga kita pernah mendapatkan ucapan tersebut dari teman, keluarga, pacar atau orang lain. Namun sebenarnya Anda tahu gak sih arti dari barakallah fii umrik??

Banyak dari teman-teman kita yang mengucapkan barakallah fii umrik kepada teman lain atau juga mungkin keluarga kita seperti kakak atau adik yang mengucapkan hal itu kepada kita. Mungkin kita juga pernah mendapatkan ucapan itu lewat pesan, dan juga sering melihatnya di sosial media seperti faceebok, twitter, instagram dan lain sebagainya.

Arti Barakallah Fii Umrik

Mungkin ada beberapa orang yang sudah banyak mengetahui soal ungkapan barakallah fii umrik, namun juga tidak banyak yang mengetahui makna tersebut. Sebab ucapan tersebut berbentuk bahasa Arab, sehingga tidak banyak juga yang mengetahuinya. Namun apa arti sebenarnya dari barakallah fii umrik tersebut??

Barakallah fii umrik adalah suatu ucapan yang diberikan kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Jadi biasanya ungkapan ini digunakan sebagai ucapakan kepada setiap yang berulang tahun. Namun arti sesungguhnya dari barakallah fii umrik adalah sebuah doa atau harapan, yaitu semoga mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu.

Maka ketikat kita sedang berulang tahun dan ada yang mengucapkan hal itu, berarti sama saja orang tersebut sedang mendoakan kita. Oleh sebab itu, ucapan barakallah fii umrik ini jauh lebih baik dari pada ucapan selamat ulang tahun.

Ucapan barakallah fii umrik ini berasal dari bahasa Arab yaitu terdiri dari dua kata yaitu “baaraka (بارك)” dan “Allaah (الله)”.  Kata “baaraka” memiliki arti berkah, sedangkan “Allaah” tetap Allah. Jadi jika kedua kalimat tersebut digabungkan akan bermakna semoga Allah memberkahi.

Ungkapan barakallah fii umrik ini juga sering digunakan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW, seperti yang dikutip dari perkataan ibunda Aisyah lewat riwayat An-Nasa’i yang berbunyi :

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya: “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum (بَارَكَاللهُفِيْكُم) [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah (وَفِيْهِمْبَارَكَاللهُ) [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Balasan Ketika Diberi Ucapan Barakallah Fii Umrik

Tentu pasti kita pernah mendapatkan ucapakan tersebut bukan. Dan balasan ungkapan seperti apa yang Anda berikan kepada orang tersebut?? Mungkin ada yang membalas dengan ucapan terima kasih, tapi dengan menggunakan bahasa Indonesia. Atau bahkan tidak dibalas sama sekali karena tidak tahu untuk membalasnya seperti apa.

Jika kita mendapatkan uacapan barakallah fii umrik dari teman, sahabat, saudara, keluarga atau siapapun. Maka balasan terbaik dari ungkapan tersebut adalah wa fiikum barakallah. Dari balasan tersebut mempunyai sebuah arti yang baik sebab itu juga merupakan sebuah doa yaitu dan pada kamu juga barokah Allah.

Sehingga jika kita membalas dengan ungkapan tersebut, kita juga sama dengan mendoakan orang tersebut. Jadi biasakanlah ketika ada orang yang mengucapkan barakallah fii umrik kita membalasnya dengan wa fiikum barakallah. Sebab kedua ungkapan ini bermakna harapan dan doa.

Waktu yang Baik Saat Mengucapkan Barakallah Fii Umrik

Arti Barakallah Fii Umrik
santrigaul.net

Untuk memberikan ucapan barakallah fii umrik kita tidak bisa melakukannya sembarangan. Sebab ungkapan ini hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Waktu yang baik untuk mengucapkan barakallah fii umrik yaitu :

1. Ketika mendapatkan hadiah

Ketika kita mendapatkan sebuah hadiah baik dari sahabat, sudara, keluarga atau siapapun. Maka berilah ungkapan yang baik untuk dirinya yaitu barakallah fii umrik, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Sebab jika kita berikan ungkapan tersebut, kita sama saja sudah mendoakannya. Hal ini juga sudah diungkapkan dalam sebuah hadits.

2. Ketika hendak memberi hadiah kepada orang lain

Tidak hanya ketika mendapatkan hadiah saja kita memberi ucapan barakallah fii umrik. Namun juga ketika kita akan memberi hadiah kepada seseorang harus memberi ucapan yang sama yaitu barakallah fii umrik. Agar sesuatu yang kita berikan tersebut menjadi berkah dan bermanfaat untuk dirinya.

3. Ketika ulang tahun

Ketika sahabat, atau saudara, keluarga, rekan kerja, guru atau siapapun yang berulah tahun maka berilah ucapan barakallah fii umrik. Dengan kita memberikan ucapan tersebut, sama saja dengan kita memberikan doa kepada yang berulang tahun. Agar ia mempunyai umur yang diberkahi oleh Allah.

Sehingga biasakan ketika ada orang lain yang berulang tahun berikan ucapan seperti itu, dari pada ucapan selamat ulang tahun. Karena ucapan selamat ulang tahun sebenarnya tidak diperlolehkan dalam Islam. Dan sebaik-baiknya ucapan adalah ucapan yang baik dan bermanfaat.

Intisari Barakallah Fii Umrik

Tahukah apa makna dari barakallah fii umrik?? Banyak orang yang mengungkapkan hal ini kepada orang lain, sebagai ungkapan selamat khususnya ungkapan selamat ulang tahun. Namun sebenarnya Anda tahu gak sih makna dari ungkapan yang kalian berikan tersebut. Atau karena Anda hanya ikut-ikutan saja, atau memang Anda benar-benar sudah tahu makna sebenarnya??

Mungkin beberapa orang yang tahu makna ungkapan barakallah fii umrik, mereka akan menggunakan ungkapan tersebut sebagai ucapan selamat kepada orang lain. Namun juga ada beberapa orang yang hanya menggunakan ungkapan tersebut namun tidak tahu makna sebenarnya dari ungkapan yang diberikannya.

Jika ada teman, sahabat, saudara, atau keluarga dan siapapun yang milad atau ulang tahun. Maka sebaiknya Anda mengucapkan barakallah fii umrik, sebab ini adalah ungkapan sebuah doa dan harapan. Diharapkan agar orang yang kita berikan ucapan tersebut jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Begitupun dengan teman, sahabat, saudara, keluarga akan memberikn ucapan yang sama dengan kita. Karena mereka pun juge mengharapkan agar kita bisa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Boleh-boleh saja jika kita merayakannya dengan makan bersama keluarga atau bersama-sama kawan-kawan serta melakukan pesta kecil-kecilan (yang pasti pesta itu tak boleh dengan beberapa hal yang tidak diijinkan dalam islam) serta tidak terlalu berlebih juga. Hal semacam itu mungkin saja dapat menjadi sinyal kalau Anda masih diberikan kehidupan oleh Allah SWT jadi disyukuri dengan makan bersama.

Namun ingatlah, dengan datangnya milad bermakna usia anda sesungguhnya bukanlah bertambah namun justru berkurang. Perbanyaklah kesibukan yang berkaitan dengan Allah SWT jadi Allah SWT akan mempermudah semua pekerjaan kita.

Mudah-mudahan kita dapat beristiqomah dalam mendoakan orang lain dengan mengatakan barakallah pada orang yang tengah milad.

Gallery for Arti Barakallah Fii Umrik Arab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *