4 Sahabat Nabi dan Gelarnya

828 views

 

4 Sahabat Nabi
Pixabay.com

4 Sahabat Nabi Ketika Nabi Muhammad masih hidup, beliau dikenal sebagai pribadi yang baik, lemah lembut dan pandai bergaul.  Beliau sangat mencintai mereka, apalagi mereka yang mau mengikuti ajaran beliau. Nabi Muhammad menyebut mereka bukan umat, maupun murid melainkan adalah sahabat.

Istilah sahabat diberikan kepada mereka yang pernah hidup serta bertemu dan memeluk agama Islam sampai akhirnya wafatnya Nabi Muhammad SAW. Diperkirakan bahwa setelah Nabi Muhammad meninggal diyakini mempunyai sahabat dengan jumlah kurang lebih 125.000 orang. Sahabat Nabi Muhammad ini tidak hanya tersebar di Madinah saja, namun juga tersebar diberbagai wilayah arab lainnya.

Sahabat Utama Nabi Muhammad

Dari sekian banyaknya sahabat Nabi Muhammad, ada beberapa sahabat yang tergolong sahabat paling utama. Sahabat utama Nabi Muhammad ada 4 orang yaitu Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan, Ali bin Abu Thalib.

Ke empat sahabat beliau tersebut sangat mempercayai Nabi Muhammad dan mau mengikuti ajaran beliau untuk memeluk Islam. Sahabatnya tersebut juga senantiasa membantu Nabi Muhammad dalam melakukan dakwahnya. Mereka sangat setia kepada Nabi Muhammad dan tidak pernah berkhianat.

Mereka sangat terkenal sebagai sahabat Nabi yang paling dekat dalam membela ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad. Oleh sebab itu Nabi Muhammad mengangkat mereka sebagai Khulafaur Rasyidin. Mereka dipilih bukan karena berdasarkan keturunannya melainkan karena konsensus bersama umat Islam.

Secara resmi sebenarnya istilah Khulafaur Rasyidin merujuk pada ke empat orang khalifah yang pertama masuk Islam, namun beberapa ulama berpendapat bahwa Khulafaur Rasyidin atau juga Khalifah yang memperoleh petunjuk yang tidak terbatas pada mereka. Atau dapat juga sebagai Khalifah yang mendapat kehidupan sesuai petunjuk Al-Qur’an dan sunnah Nabi.

Kisah 4 Sahabat Nabi Muhammad

 

Keempat sahabat Nabi Muhammad tersebut memiliki kisah masing-masing dalam kehidupannya. Kisah tersebut bermula dari belum bertemunya mereka dengan Nabi Muhammad sampai mereka bertemu dengan beliau dan mengikuti serta membantu beliau dalam menyebarkan ajaran yang Nabi Muhammad berikan. Empat kisah tersebut yaitu :

1. Abu Bakar As-Sidiq r.a.

Nama asli dari Abu Bakar As-Sidiq  adalah Abdullah. Namun masyarakat lain lebih banyak mengenal dengan sebutan Abu Bakar. Abu Bakar merupakan salah satu orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan pria dewasa.

Pada saat para kaum Quraisy mengatakan bahwa Nabi Muhammad berbohong pada peristiwa Israj Miraj yang Nabi lakukan. Namun pada waktu itu Abu Bakar justru membenarkan peristiwa apa yang dialami oleh Nabi Miuhammad SAW.  Karena hal itu maka akhirnya Abu Bakar As-Sidiq mendapatkan gelar As-Sidiq yang memiliki arti sebagai yang membenarkan.

Abu Bakar As-Sidiq juga dipilih oleh Nabi Muhammad untuk mendampinginya saat melakukan hijrah ke Madinah. Selain itu juga Abu Bakar As-Sidiq terpilih sebagai pengganti Nabi Muhammad SAW sebagai khalifah pertama dan masa kekhalifahan Abu Bakar tersebut sampai 2,5 tahun atau 11 hijriyah – 13 hijriyah.

Abu Bakar sangat mencintai Nabi Muhammad SAW. Karena kecintaannya beliau tersebut kepada Nabi Muhammad sehingga beliau ditakdirkan oleh Allah SWT ia wafat dengan usia yang sama dengan Nabi Muhammad SAW yaitu berusia 63 tahun.

2. Umar Bin Khatab r.a.

Umar bin Khatab pertama kali masuk Islam pada tahun ke-6 sesudahnya setelah Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul. Umar bin Khatab ini banyak mengikuti peperangan bersama dengan Nabi Muhammad SAW. Umar bin Khatab memiliki sifat dan kepribadian yang tegas dan beliau juga termasuk mertua dari Nabi Muhammad SAW.

Umar bin Khatab terpilih menjadi khalifah yang kedua, setelah Abu Bakar As-Sidiq meninggal dunia. Pada masa kekhalifahannya tersebut, Islam mulai tersbebar ke berbagai daerah hingga ke Romawi Timur sampai ke Persia.

Dalam masa kepemimpin Umar bin Khatab tersebut Al-Qur’an sudah mulai dikumpulkan untuk dijadikan satu Mushaf. Masa kekhalifahan Umar bin Khatab tersebut berlangsung selama 10,5 tahun atau 13 hijriyah – 23 hijriyah.

Umar bin Khatab meninggal dunia pada usia yang sama dengan Nabi Muhammad dan Abu Bakar As- Sidiq yaitu 63 tahun. Dan akhirnya Umar bin Khatab pun dimakamkan bersanding dengan Nabi Muhammad dan Abu Bakar As-Sidiq.

3. Ustman bin Affan r.a.

Ustman bin Affan dikenal sebagai sahabat yang paling kaya dan dermawan. Nabi Muhammad pernah bersabda,

“ Orang yang paling kasih sayang diantara umatku adalah Abu Bakar, dan paling teguh dalam ajaran Allah Adalah Umar, dan yang paling bersifat pemalu adalah Ustman. “ ( HR. Ahmad, Ibnu Maajah, Alhakim, Attirmidzi ).
Utsman bin Affan ini masuk Islam pada masa awal kenabian. Beliau melakukan hijrah kurang lebih sebanyak 2 kali, hijrahnya tersebut di sekitar daerah Habasayah dan Madinah. Utsman bin Affan ini menjadi khalifah ke 3 setelah Umar bin Khatab wafat. Dan ia menjadi khalifah selama kurang lebih dari 12 tahun atau 23 hijriyah – 35 hijriyah.

Utsman bin Affan ini akhirnya meninggal dunia pada usia yang lebih tua dari Nabi Muhammad, Abu Bakar dan Umar bin Khatab yaitu sekitar 82 tahun. Meninggalnya Utsman bin Affan ini dikarenakan di bunuh dan kemudian dimakamkan di Baqi’ Madinah.

4. Ali bin Abi Thalib r.a.

Ali bin Abi Thalib merupakan cucu dari Abdul Mutthalib, beliau juga sepupu sekaligus menantu dari Nabi Muhammad SAW. Ali banyak mengikuti peperangan besar bersama dengan Rasulullah SAW. Kelebihan yang dimiliki oleh Ali adalah beliau memiliki ilmu yang luas serta beliau juga memiliki keberanian.

Ketika melakukan hijrah, ia ditempatkan untuk menggantikan posisi tidur di kamar Nabi Muhammad dengan tujuan untuk mengecoh pasukan yang telah mengepung untuk membunuh Nabi Muhammad SAW.

Ali bin Abi Thalib ini merupakan salah satu pemuda yang pertama kali masuk Islam. Beliau akhirnya menikah dengan Fatimah Azzahra, yang merupakan salah satu putri kesayangan Nabi Muhammad. Dari pernikahannnya tersebut Ali dan Fatimah dianugerahkan 5 orang anak yaitu 3 anak laki-laki dan 2 orang anak perempuan.

Anak laki-lakinya tersebut bernama Al-Hasan, Al-Husin dan Muhsin, serta anak perempuannya bernama Zainab dan Ummu Kultsum. Setelah meninggalnya Utsman maka Ali terpilih sebagai khalifah yang keempat. Dan ia memerintah kurang lebih selama 5 tahun atau 35 hijriyah – 40 hijriyah.

Ali bin Abi Thalib ini akhirnya meninggal pada usia yang sama dengan Nabi Muhammad serta Abu Bakar As-Sidiq dan Umar bin Khatab yaitu dalam usia 63 tahun. Meninggalnya beliau disebabkan karena ditikam oleh Abdurrahman bin Muljam.

Masa Kepemimpinan Setelah Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin merupakan sebutan untuk keempat sahabat Nabi yaitu Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khatab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abu Thalib. Mereka adalah khalifah yang pertama kali memeluk Islam serta sahabat utama Nabi SAW dalam menyebarkan agama Islam.

Ketika masa kekhalifahan ini berakhir, kedudukan khalifah akhirnya dijabat oleh putra Ali yaitu Hasan selama beberapa bulan. Karena hasan menginginkan perdamaian serta menghindari terjadinya pertumpahan darah , maka Hasan menyerahkan jabatannya tersebut pada Muawiyah bin Abu Sufyan.

Karena penyerahannya tersebut maka Islam dapat disatukan kembali dalam satu kepemimpinan politik, dibawah Muawiyah bin Abu Sufyan. Namun disisi lain, penyerahan ini juga mengakibatkan Mua’awiyah menjadi penguasa absolut dalam Islam.

Gallery for 4 Sahabat Nabi dan Gelarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *