20 Sifat-sifat Allah beserta Artinya

311 views
Sifat-sifat Allah
Pixabay.com

Sifat-sifat Allah Allah SWT memiliki beberapa sifat dan tentu sifat-sifat Allah ini sangat sempurna. Kita sebagai umat muslim wajib untuk mempercayai sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah SWT. Ada banyak sekali sifat Allah, namun yang perlu kita ketahui yaitu berjumlah 20. Dari 20 sifat Allah tersebut kita juga harus mempercayai sifat mustahil yang Allah miliki.

Sifat Wajib Bagi Allah

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Allah SWT memiliki sifat yang wajib kita percayai dan ketahui. Sifat yang perlu kita ketahui tersebut berjumlah 20, antara lain adalah :

1. Wujud

Wujud artinya adalah ada. Adanya Allah SWT itu bukan karena ada yang mengadakan atau menciptakan, namun Allah itu ada karena zat-Nya sendiri. Beda dengan alam semesta ini. Alam semesta ini ada karena Allah lah yang menciptakan dan mengadakan. Seperti yang sudah diterangkan dalam beberapa dalil yaitu seperti :

  • Dalil aqli, dalil ini menerangkan bahwa adanya alam semesta ini karena Allah yang menciptakan. Dan tidak masuk akal jika ada sesuatu tanpa ada yang membuatnya
  • Dalil naqli, dalil ini menerangkan bahwa Allah menciptakan langit dan bumi diantara keduanya dalam waktu 6 hari.

2. Qiyam

Qiyam yang berarti dahulu atau awal. Hal ini berarti menandakan sifat Allah yang lebih dulu ada sebelum alam semesta dan isinya yang ia ciptakan.

3. Baqa

Baqa artinya adalah kekal. Dan Allah memiliki sifat baqa yang berarti Allah kekal. Allah akan kekal abadi selamanya, ia tidak akan pernah berkesudahan.

4. Mukhafalatuhu Lilhawadith

Mukhafalatul lilhawadith artinya berbeda dengan makhluknya. Hal ini berarti Allah berbeda dengan makhluknya dan tidak sama. Karena tidak mungkin Allah sama dengan apa yang diciptakan-Nya yaitu mkhluknya.

5. Qiyamuhu Binafsihi

Qiyamuhu binafsihi artinya Allah berdiri sendiri. Allah berdiri sendiri tanpa bantuan dari siapapun. Maksudnya yaitu Allah ada itu karena ada dengan sendirinya tanpa ada yang menciptakan atau mengadakan.

6. Wahdaniyah

Wahdaniyah artinya esa atau satu. Jadi Allah itu satu bukan dua ataupun tiga, karena Allah memiliki sifat wahdaniyah. Baik esa dalam zat-Nya, sifat-Nya maupun perbuatannya-Nya.

7. Qudrat

Qudrat yang artinya berkuasa. Allah berkuasa atas segala sesuatunya. Kekuasaan Allah itu mutlak dan tidak ada yang membatasi, baik itu terhadap zat-Nya sendiri maupun terhadap makhluk-Nya.

8. Iradah

Iradah mempunyai arti sebagai berkehendak. Dalam hal ini Allah menciptakan segala sesuatu termasuk alam semesta ini atas kehendek-Nya. Tentu tanpa ada paksaan atau campur tangan dari siapapun. Apapun yang Allah kehendaki maka pasti terjadi, begitu pula dengan sesuatu yang tidak Allah kehendaki maka tidak akan terjadi.

Berbeda dengan manusia, jika seorang manusia mempunyai keinginan maka bisa saja keinginan tersebut tidak bisa terwujud. Apalagi jika keinginannya tidak dikehendaki oleh Allah. Maka hal ini Allah Maha Berkehendak dari segala sesuatu.

9. Ilmu

Ilmu itu berarti Allah Maha Mengetahui. Allah Maha Mengetahui atas segala sesuatu yang terjadi. Allah mengetahui apa apa yang ada di alam ini baik yang nampak maupun yang gaib. Begitupun dengan apa yang kita lakukan. Untuk itu berhati-hatilah kalian dalam berbuat sebab Allah tahu apa yang kalian kerjakan.

10. Hayat

Hayat artinya yaitu hidup. Ini berarti Allah hidup dengan tidak ada yang menghidupkannya melainkan dengan zat-Nya sendiri. Karena Allah Maha sempurna, berbeda dengan makhluk penciptaan-Nya.

11. Sama’

Sama’ yamg artinya mendengar. Allah Maha Mendengar atas apa yang ia dengar. Begitupun dengan doa Anda, Allah senantiasa mendengar doa serta harapan yang Anda pinta. Pendengaran Allah ini berbeda dengan makhluknya, sebab ia mampu mendengar walaupun suara tersebut lemah, pelan maupun suara bisikan dalam hati.

12. Basar

Basar artinya melihat. Allah Maha melihat segala sesuatu, baik sesuatu yang nampak maupun sesuatu yang gaib. Allah dapat melihat tanpa ada batasan jarak atau sesuatu yang menghalanginya.

13. Kalam

Kalam memiliki arti sebagai berbicara atau berfirman. Allah berfirman kepada kitabnya yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya. Tentu pembicaraan Allah berbeda dengan makhluknya, karena Allah tidak berorgan yaitu tidak memiliki mulut maupun lidah. Sebab Allah memiliki kalam yang paling sempurna.

14. Kaunuhu qadirun

Artinya Allah yang berhak untuk mengadakan dan mentiadakan.

15. Kaunuhu mudirun

Artinya Allah yang menghendaki dan menentukan tiap-tiap sesuatu, ia berkehendak atas nasib dan takdir manusia.

16. Kaunuhu A’limun

Artinya Allah mengetahui segala sesuatu yaitu sesuatu yang telah terjadi maupun yang belum terjadi.

17. Kaunuhu hayyun

Allah adalah Dzat yang akan selalu hidup dan tidak akan pernah mati, serta tidur dan lengah.

18. Kunuhu sami’un

Artinya adalah Allah akan selalu mendengar doa, harapan dan permintaan hamba-Nya.

19. Kaunuhu basirun

Artinya Allah dapat melihat tiap-tiap yang Maujudat atau benda yang ada. Allah selalu melihat gerak gerik kita.

20. Kaunuhu mutakallimun

Artinya Allah berkata-kata. Allah tidak bisu, ia berfirman dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Sifat-sifat Mustahil Bagi Allah

20 Sifat-sifat Allah beserta Artinya
Pixabay.com

Jika Allah memiliki sifat-sifat wajib yang perlu kita ketahui maka kita juga perlu mengetahui sifat-sifat yang mustahil Allah miliki. Sifat-sifat tersebut antara lain adalah :

  • Adam artinya tiada
  • Hudus artinya baharu
  • Fana’ artinya hilang
  • Mumasalatuhu lilhawadisi artinya bersamaan Allah ta’ala bagi segala yang baharu
  • Ihtiyaju ilal mahalli wal mukhassish artinya berhajat Allah pada tempat dan zat
  • Ta’adud artinya berbilang
  • Ajizon artinya lemah
  • Karahah artinya terpaksa
  • Jahlon artinya bodoh
  • Maiyiton artinya mati
  • Summon artinya tuli
  • Umyon artinya buta
  • Bukmon artinya bisu
  • ’Ajizon artinya yang lemah
  • Karihon artinya yang terpaksa
  • Jahilon artinya yang bodoh
  • Maiyiton artinya yang mati
  • Ashamma artinya yang tuli
  • A’ma artinya yang buta
  • Abkam artinya yang bisu

Sifat-sifat Jaiz Bagi Allah

Sifat jaiz adalah sifat yang mungkin bagi Allah untuk melakukan sesuatu maupun tidak melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak-Nya. Hal ini berarti Allah melakukan sesuatu tanpa perintah siapapun serta tidak ada yang melarang-Nya. Sifat jaiz Allah tersebut yaitu antara lain :

  • Fi’lu kulli mumkinin au tarkuhu artinya berbuat sesuatu yang mungkin atau meninggalkannya.

Sifat Wajib yang Dimiliki Oleh Allah

Sifat wajib bagi Allah yang lain yaitu ada 3, yaitu antara lain adalah :

1) Sifat Nafsiyyah

Yaitu sifat yang berhubungan dengan Zat Allah swt. Sifat nafsiyah ada satu yaitu Wujud.

2) Sifat Salbiyyah

Yaitu sifat Allah yang menolak sifat-sifat yang tidak sesuai atau tidak layak bagi Allah swt. Sifat Salbiyah ada 5 yaitu: Qidam, Baqa, Mukhalafatul lil hawaditsi, Qiyamuhu Binafsihi, dan Wahdaniyyah.

3) Sifat Ma’ani

Yaitu sifat wajib bagi Allah yang dapat digambarkan oleh akal pikiran manusia, serta dapat meyakinkan orang lain, karena kebenarannya dapat dibuktikan oleh panca indera. Sifat ma’ani ada 7 yaitu: Qudrah, Iradah, ‘Ilmu, Hayyah, Sama’, Bashar dan Kalam.

4) Sifat Ma’nawiyah

Yaitu sifat yang berhubungan dengan sifat ma’ani atau keaktifan sifat-sifat tujuh di atas. Sifat ma’nawiyah ada 7 yaitu: Qadiron, Muridon, ‘Alimon, Hayyon, Sami’on, Bashiron, dan Mutakallimon.

Gallery for 20 Sifat-sifat Allah beserta Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *