10 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Dicontoh

1,130 views
10 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Dicontoh
Pixabay.com

Sifat Nabi Muhammad Kita sebagai umat Muslim harus wajib mengimani nabi dan rasul Allah. Begitupun juga dengan Nabi Muhammad, beliau adalah nabi yang harus wajib kita imani. Sebab beliau merupakan suri tauladan bagi kita.

Kita sebagai manusia pasti memiliki sifat dan ciri khusus yang dimiliki setiap orang masing-masing. Begitupun dengan Nabi Muhammad, sebagai seorang nabi, Nabi Muhammad SAW juga memiliki sifat dan ciri kenabian. Secara khusus, Nabi Muhammad memiliki empat sifat yang wajib kita katahui.

Sifat-sifat Nabi Muhammad

Dengan sifat yang Nabi Muhammad miliki tersebut, Nabi Muhammad merupakan manusia yang paling mulia di muka bumi. Sifat-sifat Nabi Muhammad yang wajib kita teladani tersebut adalah :

1. Shidiq

Shidiq secara bahasa artinya adalah benar. Dan Nabi Muhammad memang memiliki sifat shidiq tersebut. Hal ini terlihat dari kehidupan Nabi Muhammad sehari-hari, dimana segala apapun yang Nabi Muhammad katakan ia selalu berkata dengan jujur, dan perbuatannya selalu benar.

Sifat shidiq ini tidak hanya Nabi Muhammad miliki setelah diangkat menjadi Rasul, namun justru sifat shidiq ini sudah Nabi Muhammad miliki jauh sebelum beliau diangkat menjadi rasul. Mustahil bila Nabi Muhammad bersifat pembohong atau dusta. Untuk itu kita harus meneladani sifat Nabi Muhamamad tersebut.

2. Amanah

Amanah itu artinya dapat dipercaya. Jadi jika kita memiliki sifat yang amanah itu berarti kita merupakan orang yang dapat dipercaya. Begitupun dengan Nabi Muhammad, beliau memiliki sifat amanah tersebut. Sebab beliau merupakan orang yang dapat dipercaya dengan menjalankan amanah serta tidak mengingkarinya.

Maka tidak heran jika banyak penduduk Makkah selalu mempercayai Nabi Muhammad, karena beliau orang yang terpercaya. Bahkan sebelum beliau diangkat menjadi nabi, beliau sudah mendapatkan gelar dari Allah yaitu sebagai Al-Amin dengan artinya yaitu orang yang dapat dipercaya, mustahil jika Nabi Muhammad bersifat khianat yaitu mengingkari segala sesuatu yang di embannnya tersebut.

Sifat nabi tersebut harus kita tiru dan teladani, khususnya bagi para pemimpin agar mereka lebih dapat amanah dalam mengemban sesuatu. Karena biasanya banyak dari kita yang sering lalai dan bahkan lupa terhadap amanah yang kita pegang.

Sebab terkadang kita sering terkelabui atau tergoda dengan sesuatu yang menurut kita itu jauh lebih baik. Ingatlah segala sesuatu yang kita lakukan akan menjadi tanggung jawab kita kepada Allah.

3. Tabligh

Tabligh tersebut memiliki arti sebagai menyampaikan. Dari pengertian sifat wajib yang dimiliki oleh nabi ini, tabligh merupakan sifat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad. Sebab Nabi Muhammad banyak menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Nabi Muhammad menerima wahyu dari Allah kemudian beliau sampaikan kepada umatnya.

Sebagai seorang nabi yang menerima wahyu Allah, maka ia wajib menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya. Dan tidak mungkin jika Nabi Muhammad memiliki sifat yang suka menyembunyikan sesuatu.

4. Fathonah

Fathonah ini memiliki arti yaitu cerdas. Jadi jika menurut Anda diri Anda tersebut cerdas maka berarti anda juga memiliki sifat fathonah. Sifat ini pun juga dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan seorang yang pintar, cerdas dan intelektual. Mustahil jika Nabi Muhammad bersifat bodoh.

Tentu kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad ini berbeda dengn kita. Kecerdasan Nabi Muhammad ini dapat kita lihat saat beliau mampu menyampaikan dan menjelaskan ribuan ayat Al-Qur’an, yang berasal dari firman Allah tanpa ada yang salah sedikitpun maupun keliru.

Sifat ini harus kita miliki yaitu dengan cara mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan terus belajar baik itu dalam ilmu agama maupun ilmu dunia. Sebab semua ilmu itu penting, jadi teruslah belajar agar cerdas seperti Nabi Muhammad.

Sifat Lain yang Dimiliki Nabi Muhammad

Sifat Nabi Muhammad
Pixabay.com

Itu beberapa sifat wajib yang harus nabi miliki. Kita sebagai manusia harus dapat meneladani sifat Nabi Muhammad tersebut. Karen sesungguhnya manusia yang baik adalah ia yang memiliki sifat yang baik pula. Untuk itu belajarlah mempunyai sifat yang jujur, dapat dipercaya, menyampaikan serta cerdas.

Dari ke 4 sifat Nabi Muhammad tersebut, ternyata seorang Nabi Muhammad juga memiliki sifat lain seperti diri kita. Sifat tersebut antara lain adalah:

1. Jujur

Selain memiliki ke 4 sifat seperti yang diatas Nabi Muhammad juga memiliki sifat yang lain yaitu jujur. Jujur merupakan salah satu kebiasaan beliau, sifatnya tersebut juga beliau ajarkan kepada para umatnya. Meskipun sebenarnya jujur itu menyakitkan dan memberatkan namun ia tetap melakukannya.

2. Baik hati

Sifat lain yang dimiliki oleh Nabi Muhammad adalah sifat yang baik hati. Nabi Muhammad ini sangat terkenal dengan kebaikan hatinya yang tiada tara terhadap siapapun tanpa pandang bulu.

Beliau selalu baik kepada siapa saja, baik itu terhadap orang yang sudah menghinanya, bahkan musuhnya sekalipun. Hal ini pula yang menjadikan beliau sebagai teladan yang patut dicontoh oleh semua umat Muslim didunia.

3. Pemalu

Meskipun beliau terlihat garang pada saat di medan perang, serta terlihat gagah dalam menghadapi musuh-musuh Allah SWT, namun ternyata meskipun begitu beliau memiliki sifat malu dalam dirinya tersebut. Sifat malu tersebut dapat dimaknai bahwa beliau malu dalam berbuat hal yang berdosa.

Seperti misalnya yaitu ia melakukan maksiat, berbuat kezholiman dan berbuat kejahatan lainnya. Sifat malu beliau ini tidak hanya untuk manusia saja, namun sifat malu beliau tersebut juga kepada Allah. Bahkan suatu riwayat pernah mengatakan, sifat malu yang dimiliki Nabi Muhammad melebihi sifat malunya seorang gadis yang berada di tirai.

4. Lemah lembut

Nabi Muhammad juga memiliki sifat yang lemah lembut. Meskipun ia sangat terkenal dengan sifatnya yang tegas dan kedisiplinan terhadap perintah Allah. Namun ia juga memiliki sifat yang sangat lemah lembut, terlebih lagi jika kepada anak yakin, wanita serta kepada orang yang kurang mampu.

Nabi Muhammad tersebut tidak hanya berlaku lemah lenbut saja terhadp mereka yaitu orang-orang muslim. Namun Nabi Muhammad ini pula juga berlaku lemah lembut kepada mereka yang non-Islam atau bukan yang beragama Islam.

5. Sederhana

Nabi Muhammad SAW memiliki sifat yang sederhana. Inilah merupakan gaya hidup yang dilakukan oleh Nabi Muhammad. Meskipun ia merupakan pemimpin bagi umat muslim, namun ia terkenal dengan sangat sederhana. Oleh karena itu beliau mengajarkan kepada kita untuk tidak hidup secara berlebihan.

Dalam sebuah riwayat mengatakan bahwa Nabi Muhammad tidur hanya menggunkan alas yang terbuat dari pelepah kurma sehingga menyebabkan punggungnya bergaris ketika bangun tidur.

6. Rendah hati

Sifat yang dimiliki Nabi Muhammad selanjutnya adalah ia memiliki sifat yang rendah hati. Ia selalu bersikap rendah hati kepada siapapun, baik dari orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi, hingga orang-orang yang berada di bawahnya. Sifat ini pula yang beliau ajarkan kepada kita semua.

7. Pemurah dalam Memaafkan

Nabi Muhammad ini sangatlah mudah memaafkan siapa saja yang bersalah kepada dirinya. Baik itu kepada orang terdekatnya maupun terhadap orang Yahudi yang melemparinya dengan kotoran.

8. Penuh Kasih Sayang

Beliau mempunyai sifat kasih sayang yang luar biasa, karena sifat inilah yang menjadikan ia sukses dalam menyebarkan ajaran Islam. Beliau sangat terkenal dengan penuh kasih sayangnya, terutama bagi fakir miskin atau anak yatim bahkan terhadap binatang sekalipun.

9. Selalu senyum

Dengan kita tersenyum terhadap orang maka sama saja kita sedang bersedekah terhadapnya. Hal ini pula yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, beliau selalu tersenyum dalam keadan apapun. Beliau selalu memperlihatkan senyumnya yang berseri.

10. Tidak pernah memberatkan orang lain

Inilah merupakan ssalah satu sifat yang dimiliki oleh beliau. Ia tidak pernah meminta bantuan siapapun selama ia mampu untuk melakukannya sendiri.

11. Tidak membalas kejahatan dengan kejahatan

Hal ini sering kita lupakan saat kita sedang marah atau terbawa dengan suasana. Terkadang jika ada orang yang jahat kepada kita maka kita juga ikut membalasnya dengan kejahatan. Padahal Rasulullah sendiri tidak mengajarkan hal seperti itu. Justru ia mengajarkan kepada kita untuk bersabar dan berbuat baik kepada orang yang menjahati kita.

Gallery for 10 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Dicontoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *