Tata Cara Sholat Istikharah Jodoh Langsung Dapat Petunjuk

261 views

 

Sholat Istikharah
Pixabay.com

Sholat Istikharah Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang dimana sholat ini dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah, dintara beberapa pilihan. Biasanya sholat istikharah ini dilakukan bila kita sedang ditujukan pada beberapa pilihan dan kita merasa bingung pilihan mana yang paling baik, maka biasanya kita melakukan sholat istikharah.

Sholat istikharah ini dapat Anda lakukan kapan saja. Baik pada siang hari maupun pada malam hari sekalipun. Namun harus Anda ingat, bahwa ada waktu-waktu tertentu yang tidak boleh untuk melakukan sholat istikharah tersebut yaitu setelah sholat subuh, dan setelah sholat asar.

Jika Anda ingin melakukan sholat istikharah maka waktu yang paling tepat untuk melakukan sholat tersebut yaitu pada waktu sepertiga tiga malam yaitu sekitar jam 01.00 malam. Sebab waktu sepertiga tiga malam merupakan waktu yang paling istimewa untuk melakukan doa. Karena diwaktu inilah Allah akan mengijabah doa kita.

Tatacara Melakukan Sholat Istikharah

Untuk melalsanakan sholat istikharah tersebut sebenarnya sama dengan melakukan sholat wajib maupun sunnah lainnya. Yang membedakan sholat satu dengan yang lainnya adalah dari niat dan doa yang harus dibaca.

Bacaan niat untuk sholat istikharah yaitu :

USSHOLLI SUNNATAN ISTIKHOROTI RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya : “Aku berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Jika kira meringkasnya ada beberapa cara untuk melakukan sholat istikharah yaitu antara lain adalah :

  1. Membaca bacaan niat holat istikharah dalam hati sembari melakukan takbiratul ihram
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surah Al-Fatihah
  4. Membaca surah pendek dari Al-Qur’an. Surah yang paling utama yang digunakan pada sholat istikharah untuk rakaat pertama adalah Al-Kafirun dan rakaat kedua surah Al-Ikhlas.
  5. Ruku’ dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali
  6. I’tidal
  7. Pada sujud pertama membaca tasbih sebanyak 3 kali
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Sujud kedu dengan membaca tasbih sebanyak 3 kali
  10. Bangkit dan mengulangi tatacara sholat tersebut
  11. Pada rakaat kedu dilanjutkan dengan duduk tasyahud akhir
  12. Terakhir salam 2 kali

Itu beberapa tata cara dalam melakukan sholat istikharah. Jika And ingin melakukukan sholat istikharah tersebut, maka perhatikan tatacara dalam melakukan sholat istikharah tersebut. Agar sholat anda dapat sah dan diterima oleh Allah SWT.

Untuk jumlah rakaat dari sholat istikharah tersebut kita dapat melihatrnya dari tatacara melakukan sholat istikharah. Diatas sudah diterangkan  bahwa untuk sholat istikharah pada rakaat pertama membaca surah Al-Kafirun sedangkan untuk rakaat kedua membaca surah Al-Ikhlas. Dalam hal ini jumlah rakaat untuk sholat istikharah berjumlah 2 rakaat.

Doa Dalam Sholat Istikharah

Tata Cara Sholat Istikharah Jodoh Langsung Dapat Petunjuk
Pixabay.com

Setelah kita sudah melakanakan sholat istikharah tersebut maka kita dianjurkan untuk memabaca doa. Ada beberapa doa yang dapat kita baca setelah melakukan sholat istikharah tersebut yaitu antara lain adalah :

Doa istikharah 1

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

 

Bacaan latinnya : “Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Doa sholat istikharah ke 2

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

 

Bacaan latinnya : “Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii ‘aajili amrii wa aajilih, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih.

Hikmah Melakukan Sholat Istikharah

Setiap ibadah apa saja yang kita lakukan pasti terdapat hikmat dan manfaat serta keutamaannya masing-masing. Begitupun dengan sholat istikharah. Jika kita melakukan sholat istikharah tersebut maka kita akan mendapat beberapa hikmah dalam menjalani ibadah tersebut. Salah satu hikmah yang kita dapatkan adalah :

1. Tanda bukti kita takwa kepada Allah

Dengan kita melakukan sholat istikharah maka itu merupakan salah satu bukti kita takwa kepada Allah. Hal ini berarti kita telah menyerahkan segala sesuatu hanya kepada Allah dan percaya bahwa Allah adalah tempat sebaik-baiknya untuk mengadu, dan memberi keputusan. Sebab keputusan Allah itu jauh lebih baik dari siapapun.

Karena Allah tahu mana yang terbaik untuk diri kita. Terkadang apa yang menurut kita baik justru belum tentu baik dimata Allah. Tapi, jika menurut Allah itu baik, pati itu baik untuk kita. Karena Allah tahu atas segalanya

2. Syiar menghilangkan kebatilan

Sebelum tersebarnya Islam, dulu banyak cara untuk memutuskan segala sesuatu di dasarkan pada praktek-praktek yang menyesatkan. Beberapa diantaranya yaitu seperti mendatangi seorang dukun, mengundi nasib, banyak yang percaya dengan mitos dan takhayul.

Hal tersebut tentu dilarang dalam ajaran Islam, hal tersebut juga merupakan hal yang menyimpang dari ajaran Islam serta tidak dibenarkan dan juga tidak masuk akal. Untuk itu Islam mengajarkan kepada kita untuk melakukan sholat istikharah. Karena dengan istikharahlah cara terbaik dalam memutuskan sesuatu.

3. Mengikuti tuntunan syar’i

Seperti sudah Rasulullah SAW ajarkan, yaitu cara dalam mengambil suatu keputusan dan juga memilih sesuatu diantara beberapa pilihan, beliau menganjurkan untuk melaksanakan sholat istikharah. Sebab jika kita melaksanakan sholat istikharah, itu menjadikan bukti bahwa kita taat kepada sunnah Rasulullah.

Setiap ketaatan yang kita lakukan kepada Allah dan Rasul-Nya maka tentu akan dibalas dengan pahala. Maka dengan melakukan sholat istikhrah kita akan mendapatkan pahala, sebagai investasi untuk meraih keridhoan-Nya dan juga surga-Nya.

4. Melatih diri untuk senantiasa mampu membaca tanda-tanda keridhoan Allah atas berbagai keputusan yang kita ambil

Dengan kita melakukan sholat istikharah maka Allah akan memberikan jawabannya yang terbaik. Namun terkadang karena sifat egois kita yang tidak mau menerima apa yang telah sebenarnya Allah putuskan dan tidak mau bersyukur dengan pilihan tersebut maka kita tidak dapat melihat tanda-tanda yang Allah berikan untuk kebaikan kita.

Maka dari itu, untuk menghindari hal semacam itu kita harus mampu berlatih terus menerus untuk memahami tanda-tanda Allah meridhoi keputusan kita tersebut. Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah dengan membersihkan sebersih-bersihnya faktor yang merusak keikhlsan kita dalam menjalani sholat istikharah.

Gallery for Tata Cara Sholat Istikharah Jodoh Langsung Dapat Petunjuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.