Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad yang Masih Ada Hingga Kini

273 views
Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad yang Masih Ada Hingga Kini
Pixabay.com

Mukjizat Nabi Muhammad −  Allah SWT memberikan mukjizat kepada setiap rasulnya. Seperti misalnya Nabi Ibrahim, mukjizat beliau adalah dibakar tidak mempan, selain itu mukjizat Nabi Musa dapat membelah laut menjadi dua. Sedangkan untuk Nabi Isa diberikan mukjizat dapat menyembuhkan orang sakit.

Setiap rasul yang diciptakan Allah mereka memiliki mukjizatnya masing-masing. Begitupun salah satu Nabi kita yaitu Muhammad SAW. Sebagai seorang nabi dan utusan Allah, Nabi Muhammad juga mempunyai beberapa mukjizat. Ada banyak mukjizat yang Nabi Muhammad miliki. Dan kita sebagai orang Muslim harus mempercayainya.

Mukjizat Nabi Muhammad SAW Berdasarkan Al-Qur’an

Berdasarkan yang tertulis di dalam A-Qur’an, ada beberapa mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad SAW. Mukjizat tersebut antara lain adalah :

1. Allah memberikan bantuan seribu malaikat saat perang Badar

Di dalam Al-Qur’an menerangkan bahwa Allah memberikan bantuan kepada Nabi Muhammad saat perang Badar yaitu dengan mengirimkan seribu malaikat. Dan hal ini tertulis dalam Al-Qur’an yaitu :

  1. 8: 9. “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” Dan di surah lain juga menjelaskan yaitu :
  2. 3: 127. “(Allah menolong kamu dalam perang Badar dan memberi bala bantuan itu) untuk membinasakan segolongan orang-orang yang kafir, atau untuk menjadikan mereka hina, lalu mereka kembali dengan tiada memperoleh apa-apa”
  3. Allah mengirimkan angin topan untuk menghalau orang kafir ketika nabi dan kaum muslimin dikepung dari segala penjuru, yang membuat mereka (orang-orang kafir) lari kocar-kacir (pada perang Ahzab dan perang Tabuk).

Didalam surah lain di Al-Qur’an menyebutkan bahwa mukjizat Nabi Muhammad yaitu ketika Nabi Muhammad dan kaum muslimin lainnya dikepung oleh orang-orang kafir dari segala penjuru. Dalam peristiwa ini Allah mengirimkan angin topan untuk menghalau para orang kafir tersebut, agar mereka lari pada perang Ahzab dan perang Tabuk.

Mukjizat tersebut tercantum dalam surah Al-Qur’an yaitu : QS. 8: 9. “(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.” Dan dalam surah lain yaitu :

  1. 9.40.” Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.
  2. Allah menutup mata kafir Quraisy sehingga tidak bisa melihat nabi keluar dari rumahnya, padahal mereka sudah mengepungnya dengan maksud untuk membunuh beliau.

Mukjizat lain Nabi Muhammad yanng tertulis di Al-Qur’an adalah bahwa Allah menutup mata orang Quraisy sehingga tidak dapat melihat Nabi Muhammad yang keluar dari rumahnya. Orang-orang Quraisy tersebut mengepung rumah Nabi Muhammad untuk membunuh beliau. Dan peristiwa tersebut tertulis pada Al-Qur’an yaitu :

  1. 36: 9. “Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat”
  2. Jaminan dari Allah, tidak ada yang sanggup membunuh nabi Muhammad SAW

Di dalam Al-Qur’an juga menerangkan bahwa Allah menjamin tidak ada yang sanggup untuk membunuh Nabi Muhammad SAW. Hal ini diterangkan dalam surah : QS.5. 67. “Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir”. Dan dalam surah :

QS.48. 24. “Dan Dia-lah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”.

2. Allah memberi kabar kepada beliau, bahwa tuduhan yang tidak-tidak terhadap Aisyah adalah bohong, sekaligus menyatakan kesucian istrinya tetap terjaga.

Allah juga memberikan kabar kepada Nabi Muhammad bahwa tuduhan yang tidak benar terhadap Aisyah itu bohong dan menyatakan bahwa kesucian istrinya tetap terjaga. Hal ini terterang dalam surah :

  1. 24.11. “Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar”.

QS.33.60.Sesungguhnya jika tidak berhenti orang-orang munafik, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah (dari menyakitimu), niscaya Kami perintahkan kamu (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu (di Madinah) melainkan dalam waktu yang sebentar.

3. Peristiwa terbelahnya bulan dan pengingkaran orang-orang kafir terhadapnya

Peristiwa terbelahnya bulan dan pengingkaran orang-orang kafir terhadapnya
Pixabay.com

Mukjizat Nabi Muhammad yang lain adalah terbelahnya bulan dan pengingkaran orang-orang kafir terhadapnya. Peristiwa ini terdapat dalam Qur’an surah :

  1. 54.1-3. “Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus. Dan mereka mendutakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya”.
  2. Peristiwa Isra dan Mikraj

Mukjizat yang dialami oleh Nabi Muhammad saat peristiwa Isra Miraj ini adalah beliau dapat naik ke langit ketujuh untuk menerima perintah sholat dan beliau juga diperlihatkan mengenai surga dan neraka. Peristiwa ini terdalat dalam surah :

  1. 17. “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.
  2. Nabi Muhammad mengetahui siapa yang menyihirnya serta beliau dapat menyembuhkan dirinya atas petunjuk Allah melalui malaikat yang mengutusnya.

Surah inilah yang sekarang menjadi rujukan bagi orang-orang yang terkena santet maupun guna-guna. Seperti yang sudah diterangkan dalam Al-Qur’an yaitu :

  1. 113.1-5. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, an dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. Dan dalam surah lain yaitu :
  2. 114. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,dari (golongan) jin dan manusia”.
  3. Allah memberi mimpi kepada beliau tentang pembebasan kota Makkah dan menaklukkannya hingga seluruh penduduk kota itu beriman kepada Allah dan RasulNya. Bahkan mimpi itu pun dijadikan olok-olokan oleh kafir Quraisy sebagai bohong belaka. Dan Allah menurunkan ayat ini untuk menjawabnya.

Peristiwa tersebut tertuang dalam dalam Al-Qur’an yaitu : “Allah memberi mimpi kepada beliau tentang pembebasan kota Makkah dan menaklukkannya hingga seluruh penduduk kota itu beriman kepada Allah dan RasulNya. Bahkan mimpi itu pun dijadikan olok-olokan oleh kafir Quraisy sebagai bohong belaka. Dan Allah menurunkan ayat ini untuk menjawabnya”.

4. Turunnya Al-Qur’an

Turunnya Al-Qur’an merupakan salah satu mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad. Seperti yang sudah diterangkan dalam Al-Qur’an yaitu :

  1. 41. 53. “Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu”.

Mukjizat Nabi Muhammad Yang Lain

Selain mukjizat Nabi Muhammad seperti diatas, masih banyak lagi mukjizat yang Nabi Muhammad alami. Seperti salah satunya yaitu :

  1. Air memancar dari sela-sela jari
  2. Makanan sedikit cukup untuk orang banyak
  3. Segelas susu mengenyangkan banyak orang
  4. Doa minta hujan yang langsung terkabulkan
  5. Pemberitahuan hal-hal gaib yang terbukti
  6. Dapat mengobati sakit mata seketika
  7. Ada yang selalu tampil membela ajarannya
  8. Air sedikit tapi banyak

 

Gallery for Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad yang Masih Ada Hingga Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *