Makna dan Hikmah dari Kata Assalamualaikum

118 views
Makna Assalamualaikum

 

Assalamualaikum Tulisan Arab Kata assalamulaikum adalah sebuah kata yang sering diucapkan seseorang ketika ia sedang ingin berjumpa dengan orang lain ataupun meninggalkan orang tersebut.

 

Orang yang mengucapkan salam seperti assalamualikum kepada kita adalah sunnah sedangkan kita yang menerima salam tersebut wajib menjawabnya. Bahkan jika kita tidak menjawab salam orang tersebut maka kita akan berdosa. Jadi ketika ada orang yang mengatakan assalamualaikum maka kita jawab dengan walaikum salam.

 

Arti Kata Assalamualikum

 

Setiap apapun yang kita katakan kepada orang lain, jika itu merupakan dari ajaran Nabi dan perintah Allah maka itu pasti berupa sebuah doa maupun harapan. Seperti halnya dengan kata assalamualaikum, kata ini memiliki arti sebuah doa dan harapan. Apakah Anda sudah tahu makna arti dari kata Assalamualaikum??

 

Assalamulaikum memiliki arti yaitu semoga keselamatan terlimpah untukmu. Hal ini berarti kata tersebut memiliki sebuah doa untuk keselamatan kita. Jadi jika orang yang memberi salam kepada kita yaitu assalamualikum maka berarti itu sama saja dengan mendoakan kita.

 

Oleh sebab itu Rasulullah menyunnahkan kita setiap berjumpa dengan orang lain untuk memberikan salam. Karena agar orang yang berjumpa dengan kita tersebut selalu diberi keselamatan, dan kita sebagai yang menerima salam wajib untuk menjawabnya. Sebab sama-sama memiliki arti saling mendoakan.

 

Kata assalamualaikum tersebut memiliki 3 jenjang salam yang boleh digunakan sebagai salam atau sapaan terhadap sesama Muslim sebagai doa. Hal ini berdasarkan Dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, yaitu antara lain :

  1. Assalamu’alaikum
    Assalamualaikum artinya adalah Semoga Keselamatan terlimpah untukmu.
  2. Assalamu’alaikum Warahmatullah
    Assalamualaikum warahmatullah artinya Semoga Allah Melimpahkan Keselematan dan Rahmat-Nya untukmu / Semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpah untukmu.
  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh artinya adalah semoga Allah Melimpahkan keselamatan, Rahmat dan Keberkahan untukmu. atau Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu / kalian.
  4. Jawaban dari salam adalah Wa’alaikumus Salam (Warahmatullahi) (Wabarakatuh) yang artinya adalah Dan Semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahanNya terlimpah juga kepada kalian.

 

Bahasa Arab Assalamualaikum

 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering sekali menggunakan kata assalamulaikum. Bahkan kita juga sering menggunakannya lewat pesan singkat di hp untuk teman atau siapapun. Namun kebanyakan dari mereka sering menggunakan kata assalamulaikum dalam bahasa latinnya. Begitupun dengan menuliskan kata assalamulaikum untuk teman kita di hp pasti juga menggunakan kata latin. Sangat jarang sekali kita menggunakan bahasa Arab.

 

Banyak faktor yang mendasari hal itu misalnya, sulitnya menuliskan assalamualaikum dalam bahasa Arab, atau belum paham bagaimana cara menuliskan dalam bentuk bahasa Arabnya serta tidak ada teks pesan di hp yang berbahasa Arab dll.

 

Lalu bagaimana bahasa Arab dari assalamualaikum?? Untuk lebih tahu dan paham bagaimaca cara tulisan Arab assalamualaikum yang benar, perhatikan dibawah ini.

 

Untuk menuliskan assalamualaikum ada beberapa macam yaitu :

 

  1. Assalamualikum

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

 

Artinya : Semoga keselamatan untukmu

 

  1. Assalamualaikum warahmatullah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Artinya : Semoga keselamatan untukmu serta Rahmat Allah

 

  1. Assalamualikum waramatullahi wabarakatuh

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artinya : Semoga keselamatan untukmu serta Rahmat Allah dan keberkhan-Nya

 

Itu beberapa cara penulisan arab assalamualaikum yang paling lengkap beserta dengan artinya. Semoga dengan penjelasan diatas Anda jauh lebih paham bagaimana cara menuliskan Arab dengan baik dan benar.

 

Makna Dalam Ucapan Assalamualaikum

 

Dari sebuah salam tersebut, ada beberapa hal tidak kita ketahui. Ada banyak makna yang terkandung dari sebuah salam assalamualaikum tersebut. Makna tersebut antara lain adalah :

 

  1. Memberikan Rasa Aman
    Ketika seseorang memberi salam, secara tidak langsung sebetulnya dia memberikan janji bahwa Anda aman dari segala perlakuan negatifnya dan juga berbagai bahaya. Baik berupa fisik atau lisan, sebab salam tersebut merupakan sebuah doa.

 

  1. Salam adalah Bentuk Saling Mencintai dan Menghormati Sesama Muslim
    Ketika memberi salam artinya kita sedang mendo’akan orang lain untuk memperoleh kebaikan dan keselamatan serta keberkahan. Untuk itu jika ada yang memberi salam kepada kita maka kita wajib menjawabnya.
  2. Semua Makhluk Bergantung Kepada Allah SWT
    Arti dari Salam adalah sebuah bentuk keberserahan diri manusia kepada Allah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang terjadi di Alam Semesta ini.

Begitu pentingnya memberi salam kepada orang lain, meskipun sebenarny memberi salam itu sunnah. Nanmun tidak ada salahnya bukan jika kita memberikan salam jika berjumpa dengan orang lain. Karena memberi salam assalamualaikum itu jauh lebih baik dibandingkan dengan memberikan salam seperti selamat pag,i siang, sore, malam, halo, apa kabar dll. Semua itu tidak ada maknanya.

Karena begitu pentingnya memberi salam kepada orang lain. Maka usahakan setiap berjumpa atau melakukan pesan kepada orang lain, hal yang pertama kali dilakukan adalah dengan memberi salam assalamualaikum. Karena itu wujud doa kita kepada orang tersebut.

Namun saat memberikan salam harus benar, jangan asal-asalan terutama saat melakukan pesan lewat hp. Biasanya saat kita sedang melakukan chating, pesan pertama kali yang kita kirim adalah sebuah salam misalnya assalamualaikum. Ada beberapa orang yang menuliskannya secara lengkap namun juga kebanyakan disingkat. Oleh sebab itu apa hukumnya jika menyingkat sebuah salam??

Ada 2 pendapat soal cara penulisan salam, baik itu penulisan lewat pesan hp, atau tulisan tangan, surel atau media lainnya. Mengenai hal ini maka kita perhatikan penjelasan dibawah ini.

Pendapat pertama melarang menyingkat salam adalah salah satunya karena dinilai merubah makna atau arti dari salam tersebut. Selain itu beberapa kata tersebut bila diartikan kedalam beberapa bahasa lain, maknanya juga berubah. Misalnya adalah asx yang dalam bahasa Inggris diartikan sebagai panxat dst.

Pendapat 2, Tidak masalah bila diringkas bila itu hanya sekedar tulisan, bukan bacaan. Bila masih dapat dipahami dan tak berubah maknanya.

Ketika misalnya menulis tulisan Assalamu’alaikum wr wb. si pembaca sms ataupun pesan. dalam hatinya tidak mungkin membaca wr wb tersebut secara mentah. Artinya si pembaca paham maksud dari wr wb tersebut dan mengucapkan atau mengulang dalam hatinya ‘Warahmatullahi wabarakatuh”.

Namun yang perlu anda ketahui bahwa yang paling baik dalam menuliskan salam adalah menuliskan salam tersebut secara sempurna baik itu dalam teks digital maupun tulisan manual.

Keutamaan Mengucapkan Salam

Meskipun mengucapkan salam itu sunnah, namun tidak ada salahnya kita mengucapkanya bukan. Karena dengan kita mengucapkan salam kepda orang lain maka kita akan mendapatkan keutamaan, yaitu antara lain :

تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلَامَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ

“Kamu memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal”. (HR. Al-Bukhari no. 11, 27 dan Muslim no. 39)

لَا تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَوَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukan kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّى تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَى أَهْلِهَا

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memasuki rumah-rumah yang bukan rumah kalian sebelum kalian meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.” (QS. An-Nur: 27)

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *