Keistimewaan Kata Ukhti

131 views

 

Ukhti Istimewa

Arti Kata Ukhi Sering kita mendengar kata ukhty mungkin dari teman kita atau siapapun. Dan biasanya kata ukhty ini hanya berlaku pada seorang wanita saja. Dan biasanya kata ukhty ini digunakan pada wanita yang mempunyai ilmu agama yang tinggi atau para wanita yang berjilbab syar’i.

 

Padahal untuk panggilan ukhty ini tidak harus digunakan pada wanita yang banyak tahu soal agama maupun berhijab besar. Siapapun wanita dapat mempunyai panggilan ukhty. Karena pada dasarnya kata ukhty ini berlaku kepada siapa saja semua wanita. Lalu kenapa seorang wanita dapat mempunyai panggilan ukhty??

 

Asal Usul Seorang Wanita

 

Sebelum saya membahas tentang kenapa seorang wanita mempunyai panggilan ukhty, saya akan membahas sedikit mengenai asal usul seorang wanita.

 

Mungkin kita bertanya, dari manakah wanita itu diciptakan?? Dan apakah sama proses penciptaan laki-laki dan wanita?? Lalu benarkah Adam diciptakan dari dalam tanah sedangkan seorang wanita diciptakan dari tulang rusuk Adam?? Dan apakah benar yang digoda dan diperalat oleh setan hanya wanita dan mereka menjadi penyebab terusirnya manusia dari surga??

 

Untuk menjawab semua pertanyaan diatas, Al-Qur’an sudah mengungkapkannya dalam QS. An-Nisa’ : yang berbunyi

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً  وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا  ﴿النساء:١﴾

Artinya : “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

Kenapa Seorang Wanita Dipanggil Ukhty??

Ada banyak alasan kenapa seorang wanita dipanggil ukhty, yaitu salah satunya antara lain yaitu :

  1. Seorang wanita dipanggil ukhty dengan tujuan untuk menghormati dan menimbulkan rasa segan.
  2. Seorang wanita dipanggil ukhty karena panggilan tersebut merupakan panggilan sesama wanita muslim.
  3. Memanggil seorang wanita dengan ukhty dapat menimbulkan provokatif, yaitu menimbulkan sugesti positif dalam dirinya tersebut. Sebab dalam panggailannya tersebut terkandung kesan alim dan sholihah.
  4. Dengan memanggil seorang wanita dengan ukhty agar tidak ada perasaan yang yang mengganggu.
  5. Jika kita memanggil seorang dengan kata ukhty maka akan terkesan formal dalam forum.
  6. Alasan lain seorang wanita dipanggil ukhty adalah karena kita tidak tahu siapa nama wanita tersebut.
  7. Dengan penggilan ukhty maka akan lebih terlihat akrab meskipun belum kenal sebelumnya.

Itu beberapa alasan kenapa seorang wanita dipanggil dengan kata ukhty. Ada banyak alasan yang mendasari seorang wanita dipanggil dengan ukhty, hal itu tergantung dari setiap orang masing-masing yang mempunyai alasan.

Arti Kata Ukhty

Kata ukhty berasal dari kata bahasa Arab yaitu   اُخْتِي yang mempunyai arti sebagai saudara perempuan. Nama ukhty ini merupakan sebuah nama yang nama awalnya berasal dari huruf  U yang sangat cocok sekali digunakan oleh seorang bayi perempuan.

UKHTY
Asal kata Bahasa arab
Arti Saudara perempuan
Jenis kelamin Perempuan
Tulisan Arab اُخْتِي
Kategori Nama Islam / Muslim
Huruf awal U
Contoh variasi

Asal kata ukhty dari bahasa Arab

اُخْتِي
“Saudara Perempuan”

Arti nama ukhty diatas merupakan suatu verifikasi yang telah disesuaikan dengan kaidah bahasa Arab, sedangkan untuk penggunaannya direkomendasikan untuk kaum perempuan.

Hak-hak Wanita Dalam Islam

Setelah tadi kita tahu beberapa hal mengenai istilah ukhty yang sering digunakan oleh banyak wanita. Sekarang kita juga perlu tahu beberapa hal mengenai hak-hak seorang wanita dalam Islam.  Jika seorang wanita mempunyai sebuah panggilan yang baik dan indah, maka seorang wanita juga mempunyai hak yang sama halnya dengan laki-laki.

Islam sangat menghormati dan menempatkan kedudukan wanita dalam posisi yang mulia. Kepadanya diberikan hak-hak yang diatur begitu indah oleh Islam yang kalau boleh penulis katakan sama sekali jauh dari tuntutan yang “tidak masuk akal”. Berikut ini mengenai hak-hak wanita dalam perspektif Islam :

  1. Hak atas harta

Islam membolehkan wanita untuk memiliki sesuatu dan dan bertindak atas hak miliknya. Wanita dibolehkan pula mewakil-kan urusannya kepada orang lain, jika ia tidak berkehendak melakukannya sendiri. Dibolehkannya juga untuk manja-min orang lain untuk dirinya dijamin oleh orang lain.

Semua kebolehan itu sama persis seperti yang diberikan kepada laki-laki, sehingga didalam kajian fikih para ulama berpendapat bahwa segala hal yang berkaitan dengan masalah keuangan dikhususkan kepada laki-laki dan tidak kepada wanita.

Islam menghapuskan tradisi yang diberlakukan atas kaum wanita berupa pelanggaran atau pembatasan hak untuk membelanjakan harta yang mereka miliki dan kesewenangan-wenangan suami terhadap istri dalam masalah harta.

Islam menetapkan hak pemilikan atau pembelanjaan atas harta kepada kaum wanita, juga menerima wasiat dan warisan seperti halnya kaum pria, bahkan kaum wanita memiliki penuh atas mahar dan nafkah, meskipun mereka berasal dari keluarga mampu.

Wanita juga berhak mempertahankan kekayaan yang ada di tangan mereka atas nama dari mereka sendiri melalui jalur pengadilan dan upaya-upaya lain yang disyariatkan.

  1. Hak waris

Dalam masalah warisan, wanita sama kedudukannya dengan laki-laki. Wanita juga berhak mewarisi harta di mayit, sebagaimana yang ditegaskan Allah SWT dalam firmannya :

Bagi orang laki-laki ada hal bagian dari harta peninggalan ibu, bapak dan kerabatnya dan bagi oarng wanita ada hak (bagian) pula harta peninggalan ibu, bapak dan kerabatnya, baik sedikit ataupun banyak menurut bagian yang ditetapkan.”

  1. Hak belajar dan mengajar

Dalam masalah ini, Islam bahkan menjadikannya sebagai kewajiban wanita, seperti halnya pria, berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW, “Mencari ilmu adalah kewajiban atas setiap muslim atau muslimah.” Dengan demikin, antara kaum pria dan wanita mempunyai hal yang sama, yaitu sama-sama wajib mencari ilmu pengetahuan.

  1. Hak bekerja

Islam memberikan hak bekerja bagi kaum wanita sebagaimana hal bekerja bagi kaum pria. Jadi, tidak ada satupun pekerjaan yang dihalalkan atas wanita dan hanya diperbolehkan bagi kaum pria saja. sebab di dalam syariat Islam tidak ada pekerjaan yang diharamkan atas wanita dan diperbolehkan bagi pria.

Islam tidak membedakan dalam perbuatan syariah antara pria dan wanita. Hanya saja-berkaitan dengan masalah bekerja ini-wanita yang bersuami tidak boleh bekerja tanpa persetujuan suami. Sebab, aturan keluarga dan hak-hak perkawinan menghendaki wanita agar memelihara kehidupan rumah tangga dan mementingkan kewajiban suami istri.

  1. Hal politik

Dewasa ini banyak wanita yang berkecimpung di dunia politik praktis. Dalam konteks Indonesia ada Megawati Soekarnoputri, Dr. Marwah Daud Ibrhim, Meutia Hatta, Tri Rismaharini dan lain-lain. Bahkan di beberapa daerah ada Kepala Daerah wanita.

Begitulah Islam datang dengan menawarkan semangat pembebasan kepada wanita dari keterpurukan, kebodohan, keterbelakangan dan menempatkannya pada posisi yang mulia. Ia setara dengan laki—laki, bahkan Tuhan berkali-kali menyetakan bahwa wanita dan pria mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih kemuliaan di hadapan-Nya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *