Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget

7,728 views

Dampak Gadget – Pada era digital ini, tanpa disadari gadget merupakan kebutuhan bagi masyarakat. Dari anak-anak, remaja, hingga orang yang sudah dewasa. Karena terbukti gadget bisa menyelesaikan bermacam masalah yang ada di kehidupan seperti masalah komunikasi, kesepian, hiburan, pekerjaan, dan lain-lain. Apalagi dengan semakin cepat perkembangan dan kecanggihan dunia gadget itu sendiri. Membius masyarakat untuk semakin mengkonsumsi gadget.

Berikut kami paparkan dampak positif yang ada pada Gadget:

  • Meningkatkan ilmu pengetahuan

Gadget saat ini jadi media yang sangat mungkin untuk kita mendapatkan beragam informasi tanpa terbatas ruang dan waktu. Bahkan, saat ini anak-anak telah tidak asing dengan barang ini. Mereka telah terbiasa dengan adanya internet untuk mendapatkan hiburan, ataupun menjadi fasilitas untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah mereka.

  • Memudahkan komunikasi

Ini merupakan peranan paling utama gadget, yaitu membuat penggunanya seakan-akan berjumpa walau berlainan tempat. Lewat feature Video call dari beragam aplikasi yang ada sekarang ini, kita dapat tersambung dengan keluarga, rekan atau pacar seperti bertemu langsung.

  • Memperluas jaringan pertemanan

Timbulnya beragam website sosial media seperti line, instagram, path, skype memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan juga dari berbagai belahan dunia meskipun. Gadget telah menyihir seolah-olah dunia ada dalam genggaman kita.

Walaupun dengan berbagai sisi positif dari gadget, tetap terdapat dampak negatif yang ditimbulkan sesuatu yang bernama gadget itu. Berikut dampak negatif gadget:

  • Resiko terserang radiasi

Berdasar sebagian riset, memakai gadget terus-terusan juga akan rawan terserang radiasi, terlebih pada anak-anak. Pancaran cahaya dari monitor begitu membahayakan kesehatan pertumbuhan system saraf.

  • Kecanduan

Seperti telah dibicarakan diatas, kini gadget merupakan kebutuhan primer bagi beberapa orang. Mereka tidak dapat dipisahkan. Hal semacam ini menyebabkan mereka kecanduan, terlebih untuk yang hoby bermain game. Kecanduan ini mengakibatkan mereka kurang berhubungan dengan orang lain.

  • Lambat memahami pelajaran

Rutinitas kita yang asik dengan gadget juga akan punya pengaruh pada kekuatan otak untuk menyerap informasi. Satu diantaranya saat medapatkan pelajaran di sekolah, mereka juga akan sulit mengerti apa yang di sampaikan guru. Diluar itu, gadget juga membuat kita relatif malas belajar dan membaca buku, hingga berbuntut pada penurunan prestasi.

  • Resiko penyalahgunaan

Selanjutnya yaitu bahaya paten gadget untuk anak-anak jika kita tidak mengawasinya. Dibalik mudahnya kita terhubung melalui gadget, juga akan berbahaya untuk anak-anak. Telah banyak kasus pelajar yang melakukan perbuatan cabul karena kecanduan pornografi lewat gadget. Ini dapat menyebabkan anak terjerumus, sehingga mereka melakukan hal–hal yang menyimpang.

Berikut jalan keluar untuk menanggulangi atau menghindar beragam efek negatif dari pemakaian gadget itu pada anak-anak:

  • Jauhi mengenalkan gadget pada anak yang berusia dini

Gadget sebaiknya dikenalkan pada anak saat telah faham bagaimana membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Janganlah mengenalkan pada anak yang berusia dini karena dapat beresiko pada kesehatan serta tumbuh kembangnya.

  • Beri pemahaman pada anak

Beri pengarahan agar anak tidak memakai gagdet terus menerus. Nasehati sang buah hati dengan perlahan-lahan, serta janganlah memaksanya untuk menghidari gadget karena juga mengakibatkan anak tersebut semakin penasaran.

  • Jadilah contoh yang baik

Janganlah hanya melarang, tetapi anda harus juga jadi contoh yang baik untuk anak. Saat dirumah, baiknya anda janganlah terlalu asik bermain gadget. Karena hal tersebut juga akan ditiru oleh anak hingga dengan perlahan-lahan juga akan jadi rutinitas yang selalu berlanjut sampai dewasa.

  • Jangan terlalu memanjakan anak

Semakin anda memanjakan anak, semakin ia juga akan melakukan perbuatan seenaknya. Dengan hal tersebut anda mesti membatasi pemakaian gadget ini. Memanjakan boleh, asal janganlah terlalu berlebih.

Demikian dampak positif, dampak negatif, dan beberapa cara mencegah dampak negatif penggunaan gadget. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.