Amalan Nabi Sulaiman Agar Cepat Kaya

162 views
amalan nabi sulaiman
Pixabay.com

Amalan Nabi Sulaiman Nabi Sulaiman merupakan salah satu dari 25 nabi yang wajib diimani oleh semua umat Muslim di dunia. Nabi Sulaiman merupakan anak dari  raja Daud. Nama beliau disebut dalam Al-Qur’an sebanyak 27 kali.

Nabi Sulaiman merupakan nabi yang paling cerdas. Dari sejak kecil beliau juga terkenal dengan kecerdasannya yang luar biasa. Setelah nabi Sulaiman telah cukup umur, maka nabi Sulaiman diangkat sebagai nabi dan rasul oleh Allah SWT.

Doa Nabi Sulaiman

Nabi sulaiman banyak memiliki doa yang dimana doa tersebut dipercaya dapat mengabulkan harapan dan keinginan kita. Karena pada dasarnya doa nabi Sulaiman tersebut merupakan doa yang wajib kita baca setiap hari.

Nabi Sulaiman merupakan raja yang paling berkuasa atas semua manusia, jin dan juga binatang. Beliau juga memiliki kekayaan yang sangat luar biasa banyaknya dan beliau juga memiliki sebuah istana yang megah. Namun semua itu tidak membuat beliau silau sedikitpun dan melupakan semua apa yang dimilikinya adalah sebuah titipan.

Kekayaaan serta kekuasaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman menjadi salah satu daya tarik bagi umat Muslim pada masa sekarang ini. Banyak orang yang mencari tahu, sebenarnya doa apa saja yang diamalkan oleh Nabi Sulaiman tersebut.

Sehingga beliau dapat meraih apa yang diinginkannya tersebut. Baik amalam yang dapat menundukkan hewan,  jin ataupun ia dapat memperoleh kekayaan yang berlimpah banyaknya. Berikut beberapa doa yang sering diamalkan oleh Nabi Sulaiman yaitu antara lain:

1. Doa Nabi Sulaiman untuk penunduk hewan dan jin

Salah satu mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Sulaiman adalah beliau dapat berbicara dengan jin dan binatang. Dengan kemampuan yang beliau miliki, dengan wibawanya serta jiwa dengan  penuh kepemimpinan maka beliau dapat menundukkan bintang-bintang maupun jin, yang kemudian tunduk pada Nabi Sulaiman.

Tentu anda masih ingat bukan tentang kisah Nabi Sulaiman di dalam Al-Qur’an bahwa Nabi Sulaiman pernah memerintahkan kepada jin untuk memindahkan singgah sananya Ratu Balqis dengan sekecap mata. Kisah tersebut menerangkan bahwa Nabi Sulaiman mampu menundukkan jin.

Doa yang sering Nabi Sulaiman baca adalah:

وَقِيلَ لِلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ مَاذَآ أَنزَلَ رَبُّكُمْ ۚ قَالُوا۟ خَيْرًا ۗ لِّلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۚ وَلَدَارُ ٱلْءَاخِرَةِ خَيْرٌ ۚ وَلَنِعْمَ دَارُ ٱلْمُتَّقِينَ (٣٠)

جَنَّٰتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ ۖ لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَآءُونَ ۚ كَذَٰلِكَ يَجْزِى ٱللَّهُ ٱلْمُتَّقِينَ (٣١)

Artinya : “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong terhadapku. Datanglah padaku sebagai orang-orang yang beriman”.

Doa untuk menundukkan jin dan biantang seperti yang sudah dijelaskan diatas tersebut. Dapat Anda yakini serta amalkan dan baca sesuai dengan keperluan Anda. Misal jika anda menemukan orang yang kesurupan maka Anda dapat bacakan doa tadi sebagai pengusir jin yang ada dalam tubuhnya.

Atau juga bisa Anda gunakan pada saat Anda sedang memancing, doa tersebut juga dapat dibacakan untuk memancing ikan yang bertujuan untuk memancing ikan-ikan yang ada di sungai agar mau makan dari umpan yang telah kita berikan sebelumnya.

Akan tetapi doa dari Nabi Sulaiman tersebut terhadapa karomah itu tergantung dari keyakinan diri kita masing-masing. Yang pasti kita yakin doa itu ada dan untuk benar atau tidaknya dari mukjizat doa itu tergantung dari keyakinan masing-masing.

2. Doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan

Amalan Nabi Sulaiman Agar Cepat Kaya
Pixabay.com

Nabi Sulaiman selain mampu menundukkan jin dan juga binatang, beliau juga terkenal dengan memiliki banyak kekayaan yang melimpah ruah. Bahkan beliau juga memiliki sebuah kerajaan dengan luas hampir mencakup 2/3 luas bumi. Beliau juga memiliki sebuah istana yang sangat megah dan sempurna bangunannya.

Banyak orang yang meyakini bahwa Nabi Sulaiman merupakan orang terkaya sepanjang masa. Kekayaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tentu saja merupakan Anugerah yang telah Allah berikan kepada beliau.

Anugerah yang berupa kekayaan serta kekuasaan yang Nabi Sulaiman dapatkan tersebut diperoleh karena petikan yang ada di salah satu surah Al-Qur’an yaitu surah Ash-Shaad ayat 35. Doa kekayaan tersebut diyakini mempunyai karomah atau mukjizat sehingga banyak orang yang membaca dan mengamalkan doa tersebut.

Doa tersebut banyak sekali orang yang mengamalkannya dan membacanya sebagai sarana untuk memohon dan meminta kemakmuran. Doa tersebut juga terkenal sebagai doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan.

Doa yang sering dibaca oleh Nabi Sulaiman adalah :

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَّا يَنبَغِي لِأَحَدٍ مِّنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ ﴿٣٥﴾

Artinya : “Ia berkata : “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkau Yang Maha Pemberi”.

3. Doa Nabi Sulaiman untuk mensyukuri nikmat

Meskipun beliau mempunyai kekayaan yang luar bisanya banyak serta memiliki kekuasaan yang besar dan bahkan mampu untuk menundukkan jin dan binatang, namun Nabi Sulaiman tidak pernah merasa jumawa. Beliau sama sekali tidak lupa atau khilaf bahwasnya apa yang ia miliki sekarang adalah sebuah titipan Allah SWT.

Nabi Sulaiman selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepadanya tersebut melalui doa yang juga terkenal. Yang sering banyak orang menyebutnya sebagai doa syukur nikmat Nabi Sulaiman. Doa tersebut adalah :

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ  فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ (١٩)

Artinya : “Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”

Karena beliau selalu mawas diri dan selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan, maka Nabi Sulaiman selalu diberikan tambahan atas apa yang beliau syukuri tersebut. Allah senantiasa selalu menambah dan mencukupi kebutuhan Nabi Sulaiman. Oleh karena itu kita harus mampu mengikuti jejak beliau yaitu Nabi Sulaiman.

Amalan Nabi Sulaiman

Amalan-amalan yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman harus kita ikuti dan jalankan agar kita dapat keberkahan dalam hidup kita. Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya bahwa Nabi Sulaiman mempunyai kekayaann yang sangat luar biasa, selain itu beliau mempunyai kekuasaan besar dan mampu menundukkan jin dan binatang.

Segala sesuatu yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tersebut juga disebabkan karena amalan-amalan yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman. Amalan yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman yang patut kita ikuti adalah :

1. Selalu bersyukur

Meskipun Nabi Sulaiman memiliki kekayaan yang sangat luar biasa serta kekuasaan dan mampu menundukkan jin dan binatang. Namun beliau tetap tidak pernah merawa sombong atau jumawa. Ia selalu bersyukur dengan terus membca doa. Salah satu doa yang sering dibacanya adalah doa wirid.

2. Tidak khilaf atau sombong selalu rendah hati

Banyak orang yang mengatakan bahwa Nabi Sulaiman orang yang kaya sepanjang masa, akibat kekayaan yang dimikinya. Namun meskipun begitu, beliau tidak pernah sedikitpun khilat atau lupa bahwasanya apa yang ia miliki adalah sebuah titipan.

3. Membaca doa wirid

Nabi Sulaiman tidak pernah lupa untuk selalu membaca doa wirid. Beliau diketahui selalu memanjatkan doa agar dilimpahkan rezeki yang halal dan barokah. Doa ini juga dapat kita amalkan dan panjatkan setiap hari.

Gallery for Amalan Nabi Sulaiman Agar Cepat Kaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *