Beragam Alhamdulillah Tulisan Arab

204 views

 

Alhamdulillah
Pixabay.com

Alhamdulillah Tulisan Arab  Bacaan alhamdulillah sering kita ucapkan saat kita sedang mendapatkan berkah, nikmat dan berbagai kesenangan lainnya. Alhamdulillah adalah suatu rasa wujud syukur kita kepada Allah SWT atas berkah dan kenikmatan yang kita dapatkan.

Namun apakah bacaan alhamdulillah ini harus kita ucapkan hanya pada saat kita merasa senang, diberi kenikmatan, berkah dan lain sebagainya. Dalam hal ini banyak orang yang salah persepsi dalam mengucapkan alhamdulillah.

Memang benar bahwa alhmdulillah adalah wujud syukur kita kepada Allah SWT, namun syukur yang dimaksud disini tidak hanya kesenangan saja melainkan juga kesedihan dan kesusahan.

Waktu-waktu yang Tepat Untuk Mengucapkan Alhamdulillah

Untuk mengucapkan kata alhamdulillah ada beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Dan biasanya waktu ini sering kita lakukan, dan ada juga waktu yang sering tidak biasa kita lakukan bahkan pada waktu yang tidak kita ketahui. Waktu-waktu apa sajakah itu??

1. Waktu senang / mendapat kesenangan / nikmat / berkah

Waktu inilah yang sering biasa kita mengucapkan alhamdulillah. Karena disini sudah jelas yaitu kita sedang mendapatkan kesenangan, kenikmatan dan berkah yang diberikan oleh Allah SWT. Dan pasti di waktu inilah orang Muslim banyak mengucapkan kata alhamdulillah sebagai wujud syukurnya kepada Allah SWT.

2. Waktu menjalankan aktivitas / sedang ingin melakukan aktivitas

Pada waktu inilah yang tidak biasa sering kita lakukan, karena mungkin kita sudah sibuk ingin melakukan aktivitas. Padahal sebelum kita melakukan aktivitas lebih baik kita terlebih dahulu membaca bacaan dzkir, salah satunya adalah bacaan hamdallah yaitu alhamdulillah. Sebab agar kegaiatan apapun yang kita lakukan diberi kelancaran dan kemudahan, serta menjadi berkah.

3. Waktu sedang sedih / susah

Mengucapkan alhamdulillah tidak selalu diucapkan saat merasa senang, atau mendapat berkah dan kenikmatan saja, namun alhamdulillah juga harus diucapkan saat kita sedang sedih atau mendapat cobaan dari Allah. Di waktu ini pulalah manusia tidak mengetahui untuk mengucapkan kata alhamdulillah.

Bahkan malah kita sering marah atau melakukan hal buruk akibat sesuatu yang sedang kita alami. Justru kita tidak boleh seperti itu, karena itu merupakan sikap yang tidak baik dilakukan. Seharusnya kita bersyukur karena masih diberi cobaan dan kesedihan. Karena itu merupakan tanda cinta Allah kepada hambanya.

Seharusnya kita khawatir jika kita merasa senang terus dan bahagia terus, karena hal ini ditakutkan bahwa Allah sudah tidak lagi mencintai kita. Karena wujud cinta Allah adalah dengan ia diberi kesedihan dan cobaaan. Lalu bagi yang bersabar dan selalu bersyukur dengan cobaannya maka ia kelak akan mendapatkan Jannah-Nya.

Itu beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkan kata alhamdulillah, mungkin bagi anda yang belum tahu sekaranag akan jauh lebih tahu dan bisa mengambil pelajaran diatas. Khususnya bagi anda yang sedih dan mendapat cobaan, jangan takut ataupun khawatir. Sebab pertolongan Allah akan selalu ada pada hambanya yang mau bersyukur dan bersabar

Jadi intinya adalah untuk mengucapkan kata alhamdulillah adalah setiap hari, setiap waktu dan setiap saat. Karena pasti setiap harinya, dan setiap waktu serta setiap saat kita pasti akan mengalami senang, sedih dan banyak melakukan aktivitas.

Kata Alhamdulillah Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Beragam Alhamdulillah Tulisan Arab
Pixabay.com

Kata alhamdulillah ini sering kita ucapkan, bahkan mungkin setiap hari pasti kita mengucapkannya. Namun tahukah Anda bagaimana penulisan alhamdulillah dalam bahasa Arab beserta dengan artinya??

Untuk lebih jelas mengenai penulisan alhamdulillah dalam bahasa Arab, maka lihat penjelasan dibawah ini :

Untuk menuliskan alhamdulillah dalam bahasa Arab ada dua cara yaitu antara lain :

1. Menuliskan alhamdulillah tanpa harokat

الحمدلله

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

 

2. Menuliskan alhamdulillah dengan harokat

اَلْحَمْدُلِلَّهِ

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

Lalu apakah mengucapkan Alhamdulillah harus diikuti dengan kata robbil alamin?? Kita sering mendapati beberapa orang yang mengucapkan alhamdulillah dengan diikuti kata robbil alamin yaitu seperti alhamdulillahirrobbil alamin.

Sebenarnya untuk mengucapkan kata alhamdulillah ada beberapa keriteria tertentu yaitu seperti pengucapan alhamdulillah saja tanpa diikuti robbil alamin. Pengucapan ini hanya diucapkan  ketika mendapatkan kebaikan atau kesenangan. Karena ini merupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Namun jika alhamdulillahirrobbil alamin, ini diucapkan saat kita sedang berdoa. Jadi pengucapan alhamdulillah harus disesuaikan dengan apa yang kita lakukan. Jika sedang berdoa atau beridah maka bacaan alhamdulillah harus diikuti dengan robbil alamin. Namun jika hanya karena rasa syukur maka dapat mengucapkan alhamdulillah tanpa diikuti raobbil alamin.

Untuk penulisan alhamdulillah dengan diikuti robbil alamin, juga ada dua cara yaitu :

1. Penulisan alhamdulillahirrobbil alamin tanpa harokat

الحمدلله ربّ العالمين

Artinya : Segala puji bgi Allah Tuhan semesta alam

 

2. Penulisan alhamdulillahirrobbil alamin dengan harokat

اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْن

Artinya : Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

Itu beberapa penulisan alhamdulillah beserta dengan artinya. Untuk kata alhamdulillah maupun alhamdulillahirrobbil alamin memiliki arti yang sama yaitu segela puji bagi Allah Tuhan semesta Alam.

Dalil Keutamaan Alhamdulillah

Dengan kita membaca alhamdulillah maka kita akan banyak mendapatkan beberapa keutamaan.  Seperti yang sudah dijelaskan dalam beberapa dalil yaitu antara lain :

  1. “Sesungguhnya Allah benar-benar ridho terhadap hambaNya yang apabila makan dan minum kemudian memuji Allah atas nikmat makan dan minum” (HR Muslim)
  2. Jabir bin Abdullah berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik bacaan dzikir adalah: Laa ilaaha illallaah (tidak ada Tuhan selain Allah). Dan sebaik-baik dua adalah: alhamdulillaah (segala puji bagi Allah)” (HR. Turmudzi”).
  3. “Jika anak seseorang meninggal maka Allah berkata kepada para malaikatnya, “Apakah kalian telah mengambil nyawa putra hambaku?”, mereka menjawab, “Iya”. Allah berkata, “Apakah kalian telah mengambil buah hatinya?”, mereka menjawab, ‘Iya”. Allah berkata, “Apakah yang diucapkan oleh hambaKu?”, mereka berkata, “HambaMu memujimu dan beristrjaa’ (mengucapkan innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji’uun)”. Allah berkata, “Bangunkan bagi hambaKu sebuah rumah di surga dan namakan rumah tersebut dengan “Rumah pujian” (HR At-Thirmidzi)
  4. Diriwayatkan dari Al Aswad Rodhiyallahu anhu : “aku (Al Aswad) berkata : ‘wahai Rasulullah, bolehkan aku mendendangkan pujian, yang mana aku memuji Rabbku Tabaaroka wa Ta’alaa? Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam menjawab : “boleh, sesungguhnya Rabbmu Azza wa Jalla menyukai pujian”. ( HR. Ahmad)

Itu beberapa keutamaan berdasarkan dalil-dalil yang ada. Masih banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah kita akan semakin dekat dengan Allah. Karena dengan kita banyak bersyukur maka semakin dekat pula kita dengan Allah SWT.

Selain itu, keutamaan lain yang bisa kita peroleh dengan sering mengucapkan alhamdulillah adalah kita akan selalu merasa cukup dengan apa yang kita dapatkan. Biasanya jika orang yang selalu merasa dirinya kurang dan terus merasa kurang berarti dalam kegiatan dan kehidupan sehari-harinya ia jarang dan bahkan tidak pernah mengucapkan kata syukur alhamdulillah.

Gallery for Beragam Alhamdulillah Tulisan Arab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.