Surat Al Fatihah beserta Artinya Per Ayat

562 views
Al Fatihah dan Artinya
Pixabay.com

Al-fatihah dan Artinya Surah Al-fatihah ini terdiri dari 7 ayat. Pada setiap kita melakukan sholat maka kita pasti diwajibkan membaca surah Al-fatihah tersebut. Bahkan jika kita tidak membaca surah Al-fatihah maka sholat kita tidak akan syah. Hal ini berarti surah Al-fatihah sangatlah penting, terutama pada saat sholat.

Pasti tentu kita sudah hafal bukan dengan surah Al-fatihah. Karena tentu sejak kecil kita pasti sudah diajarkan bagaimana bunyi dari surah Al-fatihah tersebut. Bahkan mungkin surah ini Adalah surah pertama kali yang diajarkan oleh kedua orang tua kita.

Surah Al-fatihah ini banyak digunakan dalam berbagai hal seperti misalnya sebagai bacaan sholat, bacaan ketika mau tidur, bacaan ketika sedang sakit atau tertimpa musibah dll. Bahkan hampir kegaiatan kita sebenarnya harus diawali dengan doa misalnya membaca bacaan surah Al-fatihah. Karena dalam bacaan surah ini mengandung makna, arti dan keutamaan yang sangat luar biasa.

Surah Al-fatihah Beserta Artinya

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

 

﴿﴾ حَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

﴿﴾ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

﴿﴾ مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

﴿﴾ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

﴿﴾ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

﴿﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Artinya :

  1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
  2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
  3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
  4. Yang menguasai hari Pembalasan.
  5. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
  6. Tunjukilah kami jalan yang lurus,
  7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Manfaat Membaca Surah Al-fatihah

Surat Al Fatihah beserta Artinya Per Ayat
ahmadaby.blogspot.co.id

Dengan kita membaca surah Al-fatihah, maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat. Karena surah Fatihah ini banyak sekali keutamaan dan hikmat yang terkandung didalamnya. Jadi jika kita membacanya dan mengamalkannya, maka kita akan banyak mendapatkan manfaatnya. Manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mambaca surah Al-fatihah adalah :

  1. Dengan kita membaca surah Al-fatihah maka dosa kita akan diampuni selain itu kebaikan orang yang membacanya akan diterima oleh Allah SWT.
  2. Jika kita membaca surah Al-fatihah maka lidah kita akan terhindar dari panasnya api neraka Jahanam dan kita juga akan terhindar dari kemurkaan Allah.
  3. Dengan membaca surah Al-fatihah kita juga dapat bertemu dengan Allah SWT.
  4. Dengan kita sering membaca surah Al-fatihah maka kita akan diberi keamanan oleh Allah dari berbagai macam hal.
  5. Surah Al-fatihah juga dapat membebaskan kita dari siksa kubur.
  6. Dengan surah Al-fatihah pula kita akan mendapatkan derajat yang tinggi.
  7. Membaca surah Al-fatihah kita akan terbebas dari namanya kefakiran dan menyedekahkan emas di jalan Allah.
  8. Orang yang membaca surah Al-fatihah tersebut dapat menutup pintu neraka.
  9. Orang yang membaca surah Al-fatihah, seolah-olah ia sudah membaca kitab Taurat, Injil, Qur’an, Zabur, Suhuf Idris dan Suhuf Ibrahim sebanyak 7 kali.

Keutamaan Dan Hikmah Membaca Surah Al-fatihah

Diatas merupakan beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan membaca surah Al-fatihah. Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan hanya membaca surah Al-fatihah yang dimana surah ini tidak sulit untuk kita baca sebab tentu kita sudah hafal sebelumnya. Jadi bacalah surah ini setiap harinya agar mendapatkan manfaatnya.

Selain manfaat yang akan kita dapatkan dari membaca surah Al-fatihah, kita juga akan mendapatkan keutamaan dan hikmah yang terkandung didalam surah Al-fatihah. Kita juga perlu tahu apa saja keutamaan dan hikmah jika kita membaca surah Al-fatihah. Hikmat dan keutamaan tersebut antara lain :

  1. Jika kita membaca surah Al-fatihah maka saja kita sedang membaca sepertiga Al-Qur’an.
  2. Orang suka membaca surah Al-fatihah maka saja dengan ia menyedekahkan emas dijalan Allah.
  3. Setiap satu ayat dari surah Al-fatihah menjadi penutup pintu neraka. Jadi jika kita membaca satu ayat saja dari surah Al-fatihah maka kita sudah menutup pintu neraka.
  4. Amalkan membaca al – Fatihah sebanyak 70 kali setiap hari dalam keadaan berwudhu dan ditiupkan pada air lalu diminum selama tujuh hari. Insya – Allah akan mudah memperoleh ilmu pengetahuan; di samping itu dapat mengontrol hati dan pikiran dari hal – hal yang merusak.
  5. Amalkan juga membaca surah Al-fatihah saat tidur dan diikuti dengan membaca surah Al-ikhlas, Al-falaq, An-naas, dan semuanya dibaca sebanyak 3 kali. Untuk melindungi diri dari gangguan setan atau hal-hal yang membahayakan diri seperti guna-guna.
  6. Bagi mereka yang memiliki hajat yang baik , termasuk untuk mendapat kenaikan pangkat / derajat , untuk mendapatkan rezeki yang lebih baik dari keadaan fakir, untuk dapat menyelesaikan utang , untuk menyembuhkan penyakit , agar anak menjadi saleh dan berbagai hajat lagi, maka hendaklah ia memohon kepada Allah swt dengan membaca al – Fatihah sebanyak 41 kali setiap hari . Waktunya adalah antara shalat sunnah Subuh dan shalat fardhu Subuh . Amalkan praktek ini sampai 40 hari , insya Allah hajat kita akan dikabulkan oleh Allah swt.
  7. Rumah yang dibacakan surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas tidak akan ditimpa kefakiran dan banyak kebaikan.
  8. Barangsiapa mengamalkan bacaan Al – Fatihah diwaktu sahur ( tengah malam ) sebanyak 41 kali maka Allah swt bukakan pintu rezekinya dan Dia mudahkan urusannya tanpa kepayahan dan kesulitan.
  9. Amalkan membaca al – Fatihah sebanyak 20 kali setiap habis sholat fardhu , insya – Allah akan memperoleh rezeki yang lancar , pangkat / derajat yang baik di sisi masyarakat, dan baik akhlaknya . Mudah dalam urusan hidupnya dan keluarga mendapatkan perlindungan Allah swt.
  10. Dianjurkan juga mengamalkan membaca al – Fatihah sebanyak 41 kali , insya – Allah dapat mengobati sakit mata, sakit gigi , sakit perut dan lain – lain.
  11. Setengah ulama menganjurkan membaca al – Fatihah sebanyak 40 kali setiap habis sholat Maghrib dan sunatnya. Insya – Allah hajatnya akan terkabulkan.
  12. Orang yang membaca al-Fatihah seolah ia telah membaca kitab taurat, injil, zabur, al-Quran, suhuf idris As., dan suhuf Ibrahim As. tujuh kali.

Itu beberapa hikmah dan juga keutamaan jika kita membaca Al-fatihah. Banyak sekali keutaman dan hikmah yang akan kita dapatkan jika kita membaca surah Al-fatihah tersebut. Untuk itu kita sebagai umat Muslim harus dapat mengamalkannya agar kita mendapat pahala sebagai bekal kita kelak di akhirat.

Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk terus membaca surh Al-fatihah pada setiap harinya. Karena Rasulullah menganggap bahwa surah Al-fatihah ini surah yang paling agung dari semua surah di Al-Qur’an.

Berdasarkan Al-Imam Ibnu At-tin sendiri berkata dimana maksud dan tujuan mengapa Nabi Muhammad SAW berkata demikian karena surah Al Fatihah memang mempunyai keistimewaan yang lebih banyak daripada surat-surat lainnya di Al-Quran.

Gallery for Surat Al Fatihah beserta Artinya Per Ayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.